Pengertian Wifi dan Fungsinya

Pengertian Wifi dan Fungsinya - WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity dan merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan konektivitas jaringan. Koneksi WiFi didirikan menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat hotspot - daerah di sekitar router nirkabel yang terhubung ke jaringan dan memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan internet. Setelah dikonfigurasi, WiFi menyediakan konektivitas nirkabel ke perangkat Anda dengan memancarkan frekuensi antara 2.4GHz - 5GHz, berdasarkan jumlah data pada jaringan.



Pada Artikel ini, saya akan memperkenalkan Anda kepada dasar-dasar WiFi sehingga Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik dari fenomena di seluruh dunia yang menyediakan akses internet Anda. baca juga cara daftar wifi id telkomsel

Pengantar WiFi
Teknologi nirkabel telah tersebar luas akhir-akhir ini dan Anda dapat terhubung hampir di mana saja; di rumah, di tempat kerja, di perpustakaan, sekolah, bandara, hotel dan bahkan di beberapa restoran.

Jaringan nirkabel dikenal sebagai WiFi atau 802.11 jaringan karena mencakup IEEE 802.11 teknologi. Keuntungan utama dari WiFi adalah bahwa itu adalah kompatibel dengan hampir semua sistem operasi, perangkat pertandingan, dan maju printer.

Cara Kerja Wifi
Seperti halnya ponsel, jaringan WiFi juga menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi melalui jaringan. komputer harus termasuk adaptor nirkabel yang akan menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim melalui antena untuk decoder dikenal sebagai router. Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke Internet melalui koneksi Ethernet kabel.

Sebagai jaringan nirkabel bekerja sebagai lalu lintas dua arah, data yang diterima dari internet juga akan melewati router yang akan dikodekan menjadi sinyal radio yang akan diterima oleh adaptor nirkabel komputer.

Baca juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Macam Macam Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer

Frekuensi WiFi
Sebuah jaringan nirkabel akan mengirimkan pada tingkat frekuensi 2,4 GHz atau 5GHz untuk beradaptasi dengan jumlah data yang sedang dikirim oleh pengguna. 802.11 standar jaringan agak berbeda beda tergantung sebagian besar pada kebutuhan pengguna.

802.11a akan mengirimkan data pada tingkat frekuensi 5GHz. The Orthogonal Frequency-Division Multiplexing (OFDM) digunakan meningkatkan penerimaan dengan membagi sinyal radio menjadi sinyal yang lebih kecil sebelum mencapai router. Anda dapat mengirimkan maksimal 54 megabits data per detik.

802.11b akan mengirimkan data pada tingkat frekuensi 2.4GHz, yang merupakan kecepatan yang relatif lambat. Anda dapat mengirimkan maksimal 11 megabits data per detik.

802.11g akan mengirimkan data pada 2.4GHz tetapi dapat mengirimkan maksimal 54 megabits data per detik karena juga menggunakan coding OFDM.

802.11n lebih maju dapat mengirimkan maksimal 140 megabit data per detik dan menggunakan tingkat frekuensi 5GHz.

0 komentar