Pengertian Wifi dan Fungsinya

Pengertian Wifi dan Fungsinya - WiFi adalah singkatan dari Wi reless delity Fi. WiFiIt didasarkan pada keluarga IEEE 802.11 standar dan terutama area lokal jaringan teknologi (LAN) dirancang untuk menyediakan cakupan broadband dalam gedung.

Sistem WiFi saat ini mendukung data rate fisik-lapisan puncak 54 Mbps dan biasanya menyediakan cakupan dalam ruangan lebih dari jarak 100 kaki.

WiFi telah menjadi standar de facto untuk konektivitas broadband mil terakhir di rumah, kantor, dan lokasi hotspot publik. Sistem biasanya dapat menyediakan berbagai cakupan hanya sekitar 1.000 kaki dari titik akses.

Pengertian Wifi dan Fungsinya

WiFi menawarkan kecepatan data puncak sangat tinggi daripada sistem 3G, terutama karena beroperasi lebih dari bandwidth 20 MHz lebih besar, namun sistem WiFi tidak dirancang untuk mendukung mobilitas kecepatan tinggi.

Salah satu keuntungan yang signifikan dari WiFi lebih WiMAX dan 3G adalah ketersediaan luas dari perangkat terminal. Sebagian besar laptop dikirim hari ini memiliki antarmuka WiFi built-in. interface WiFi sekarang juga sedang dibangun ke berbagai perangkat, termasuk asisten pribadi data (PDA), telepon nirkabel, telepon selular, kamera, dan pemutar media.

WiFi adalah Half Duplex
Semua jaringan WiFi adalah sistem TDD berbasis contention, dimana titik akses dan stasiun bergerak semua bersaing untuk penggunaan saluran yang sama. Karena operasi media bersama, semua jaringan WiFi setengah duplex.

Ada vendor peralatan yang memasarkan jala konfigurasi WiFi, tetapi mereka implementasi menggabungkan teknologi yang tidak didefinisikan dalam standar. baca juga @wifi.id
Bandwidth saluran

Standar WiFi menentukan saluran bandwidth tetap dari 25 MHz untuk 802.11b dan 20 MHz baik untuk jaringan g 802.11a atau.

Sinyal radio adalah kunci, yang membuat jaringan WiFi memungkinkan. Sinyal radio ini ditularkan dari antena WiFi yang dijemput oleh penerima WiFi, seperti komputer dan ponsel yang dilengkapi dengan kartu WiFi. Setiap kali, komputer menerima salah satu sinyal dalam jangkauan jaringan WiFi, yang biasanya 300-500 kaki untuk antena, kartu WiFi membaca sinyal dan dengan demikian menciptakan koneksi internet antara pengguna dan jaringan tanpa penggunaan tali.

Sinyal Radio
Jalur akses, yang terdiri dari antena dan router, adalah sumber utama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio. Antena bekerja lebih kuat dan memiliki transmisi radio lagi dengan radius 300-500 kaki, yang digunakan di tempat umum sementara lemah router namun efektif lebih cocok untuk rumah dengan transmisi radio 100-150 kaki.

Kartu WiFi
Anda dapat menganggap kartu WiFi sebagai tali tak terlihat yang menghubungkan komputer Anda ke antena untuk koneksi langsung ke internet.

Kartu WiFi dapat eksternal atau internal. Jika kartu WiFi tidak diinstal di komputer Anda, maka Anda dapat membeli lampiran antena USB dan telah secara eksternal terhubung ke port USB Anda, atau memiliki kartu ekspansi antena dilengkapi dipasang langsung ke komputer (seperti yang ditunjukkan pada gambar yang diberikan di atas ). Untuk laptop, kartu ini akan menjadi kartu PCMCIA yang Anda masukkan ke slot PCMCIA pada laptop.

Hotspot WiFi
Sebuah hotspot WiFi dibuat dengan memasang jalur akses untuk koneksi internet. Jalur akses mentransmisikan sinyal nirkabel melalui jarak pendek. Ini biasanya mencakup sekitar 300 kaki. Ketika WiFi memungkinkan perangkat seperti Pocket PC bertemu hotspot, perangkat kemudian dapat terhubung ke jaringan yang nirkabel.

Kebanyakan hotspot berada di tempat-tempat yang mudah diakses oleh publik seperti bandara, kedai kopi, hotel, toko buku, dan lingkungan kampus. 802.11b adalah spesifikasi yang paling umum untuk hotspot di seluruh dunia. Standar 802.11g kompatibel dengan .11 b tapi .11a menggunakan rentang frekuensi yang berbeda dan memerlukan hardware terpisah seperti sebuah, a / g, atau adaptor / b / g. Jaringan WiFi publik terbesar yang disediakan oleh penyedia layanan internet pribadi (ISP); mereka mengenakan biaya kepada pengguna yang ingin mengakses internet.

Hotspot WiFi
Hotspot semakin berkembang di seluruh dunia. Bahkan, T-Mobile USA mengontrol lebih dari 4.100 titik api berada di lokasi publik seperti Starbucks, Borders, Kinko, dan klub maskapai Delta, Inggris, dan US Airways. restoran bahkan pilih McDonald sekarang memiliki akses hotspot WiFi.

Setiap komputer notebook dengan nirkabel terintegrasi, adaptor nirkabel yang melekat pada motherboard oleh produsen, atau adaptor nirkabel seperti kartu PCMCIA dapat mengakses jaringan nirkabel. Selain itu, semua Pocket PC atau unit Palm dengan Compact Flash, I / O dukungan SD, atau built-in WiFi, dapat mengakses hotspot. pengertian komputer dan fungsinya

Beberapa Hotspot memerlukan kunci WEP untuk menghubungkan, yang dianggap sebagai pribadi dan aman. Adapun koneksi terbuka, siapa saja dengan kartu WiFi dapat memiliki akses ke hotspot itu. Jadi untuk memiliki akses internet di bawah WEP, pengguna harus memasukkan WEP kode kunci.

0 komentar