Pengertian System Restore Pada Komputer

Pengertian System Restore Pada Komputer - System Restore adalah fitur pemulihan di Windows 8 yang memungkinkan Anda untuk memulihkan komputer ke keadaan sebelumnya. Hal ini berguna jika komputer yang anda gunakan mulai buruk atau crash dan tidak dapat diketahui apa penyebabnya.

Untuk mengatasi berbagai jenis masalah pada komputer, Anda dapat menggunakan System Restore untuk mengembalikan komputer Anda kembali ke keadaan sebelumnya yang disimpan sebelum masalah tersebut terjadi. Hal ini memastikan komputer Anda untuk akan berjalan dengan benar lagi.

Ketika System Restore diaktifkan pada Windows, maka secara otomatis akan membuat snapshot disebut restore point yang mengandung cadangan Registry Windows, konfigurasi sistem, file program, dan sistem driver dan executable. Titik restore yang dibuat secara otomatis setiap hari dan sebelum peristiwa penting seperti menginstal program atau menambahkan driver perangkat keras untuk komputer Anda.

Pengertian System Restore Pada Komputer


Hal ini juga memungkinkan anda untuk secara manual membuat restore point setiap kali Anda inginkan. Seperti sebelumnya dikatakan, ketika restore point dibuat hanya backup file Anda sistem, file program, dan konfigurasi Windows. Ini tidak backup data pribadi Anda seperti email, gambar, dokumen, video, disimpan permainan, dan musik. Oleh karena itu, Anda tidak harus menggunakan System Restore sebagai metode back up dan memulihkan jenis file. baca juga cara cek spesifikasi laptop

Jika digunakan dengan benar, System Restore dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk optimalisasi komputer Anda. System Restore membuat restore point baru setiap hari dan setiap kali sebuah program terinstal, Anda selalu memiliki cara untuk jatuh kembali ke dalam konfigurasi bekerja dalam hal sesuatu yang menyebabkan masalah pada komputer Anda. 

Misalnya, jika Anda menginstal sebuah program aplikasi atau perangkat keras dan menemukan komputer Anda tidak lagi bekerja dengan benar. Anda dapat hanya mengembalikan kembali ke restore point yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan uang dengan mampu dengan cepat dan mudah menyelesaikan masalah ini sendiri.

Baca : Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

Fitur lain yang kuat dari System Restore adalah bahwa Anda dapat menggunakannya dari Windows Recovery Environment dalam acara yang Anda tidak dapat memulai Windows. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatasi masalah di mana Windows tidak mulai dengan mengembalikan ke waktu dan tanggal ketika Anda tahu Windows bekerja dengan benar. Informasi lebih lanjut tentang menggunakan System Restore dari Windows Recovery Environment dapat ditemukan di sini:

Cara menggunakan System Restore dari Windows 8 Recovery Environment 

Apa Kegunaan System Restore Point???
System Restore point diciptakan saat program berikut terjadi pada Windows:
    Secara otomatis setiap hari.
    Ketika aplikasi baru diinstal.
    Ketika driver baru diinstal.
    Ketika Anda menghapus program tertentu.
    Ketika Windows update baru diinstal.
    Ketika Anda secara manual membuat satu.   

Ketika program diprogram untuk membuat restore point baru. Hal ini dapat dilakukan ketika sebuah program membersihkan komputer Anda membuat perubahan pada Registry Windows Anda.

Tepat sebelum Anda mengembalikan ke titik pemulihan sebelumnya, System Restore akan membuat restore point baru.

System Restore tidak memiliki beberapa persyaratan untuk beroperasi dengan baik. Ini adalah:
kebutuhan System Restore harus diaktifkan untuk setiap drive yang ingin Anda memantau.
Untuk setiap drive yang memonitor System Restore, dibutuhkan 300 megabyte ruang kosong pada drive yang untuk itu harus dipantau.

0 komentar