Pengertian ROM dan Fungsinya

Pengertian ROM dan Fungsinya - ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang berada pada perangkat komputer, ROM adalah memory tetap atau permanen, artinya menyimpan data dalam ROM tidak bisa dihapus. Yang mana kita hanya bisa membaca tapi tidak bisa menulis di atasnya. Jenis memori non-volatile.

Informasi disimpan secara permanen dalam rom tersebut selama pembuatan. Operasi ini disebut sebagai bootstrap. chip ROM tidak hanya digunakan di komputer tetapi juga dalam barang-barang elektronik lainnya seperti mesin cuci dan microwave oven.

Jenis-jenis ROM

MROM (Masked ROM)
ROM pertama yang terprogram perangkat yang berisi satu set pra-diprogram data atau instruksi. ROM ini dikenal sebagai "ROM masked" yang murah.

Pengertian ROM dan Fungsinya


PROM (Programmable Read Only Memory)
PROM adalah read-only memory yang dapat dimodifikasi hanya sekali oleh pengguna. Pengguna membeli PROM kosong dan memasuki isi yang diinginkan menggunakan program PROM. Di dalam chip PROM ada sekering kecil yang dibakar selama pemrograman. Hal ini dapat diprogram hanya sekali dan tidak bisa dihapus.

Baca Juga : Pengertian RAM dan Fungsinya
 
EPROM (Erasable Programmable Read-only Memory)
Adalah jenis chip memori yang mempertahankan data ketika catu daya dimatikan. memori komputer yang dapat mengambil data yang tersimpan setelah pasokan daya listrik telah dimatikan dan kembali disebut non-volatile. Ini adalah sebuah array transistor floating-gate individu diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan tinggi daripada yang biasanya digunakan dalam rangkaian digital.

Setelah diprogram, EPROM dapat dihapus dengan mengekspos ke sumber cahaya ultraviolet yang kuat (seperti dari cahaya uap merkuri). EPROMs mudah dikenali oleh jendela kuarsa transparan menyatu di bagian atas paket, melalui mana chip silikon terlihat, dan yang memungkinkan paparan sinar ultraviolet selama menghapus

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)

EEPROM diprogram dan dihapus secara elektrik. Hal ini dapat dihapus dan diprogram kembali sekitar sepuluh ribu kali. Kedua penghapusan dan pemrograman memakan waktu sekitar 4 sampai 10 ms (mili second). Di EEPROM, setiap lokasi dapat selektif dihapus dan diprogram. EEPROMs dapat dihapus satu byte pada suatu waktu, daripada menghapus seluruh chip yang. Oleh karena itu, proses re-programming fleksibel tapi lambat.

Keuntungan dari ROM
Keuntungan dari ROM adalah sebagai berikut:

    Non-volatile
    Ini tidak bisa diubah
    Lebih murah dari RAM
    Mudah untuk menguji
    Lebih dapat diandalkan dibandingkan RAM
    Ini adalah statis dan tidak memerlukan menyegarkan
    Isinya selalu dikenal dan dapat diverifikasi

Kesimpulan : Pengertian ROM adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk menyimpan data yang bersifat permanen (tidak bisa dihapus)

0 komentar