Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya - RAM (Random Access Memory) adalah memori internal CPU yang berfungsi untuk menyimpan data, program, dan hasil Program. Hal ini membaca memori / write yang menyimpan data sampai mesin bekerja. Begitu mesin dimatikan, data akan dihapus.

RAM adalah volatile, yaitu data yang tersimpan di dalamnya hilang ketika kita mematikan komputer atau jika ada kegagalan daya. Berbeda dengan ROM yang bersifat permanen (Tidak bisa dihapus). Oleh karena itu sistem uninterruptible power backup (UPS) sering digunakan dengan komputer. RAM sangat kecil baik dari segi ukuran fisik dan jumlah data. Dibawah ini adalah gambar RAM.

Baca Juga : Pengertian ROM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya, kegunaan ram, jenis ram, apa arti ram, fungsi ram pada komputer



Jenis RAM

RAM memiliki beberapa tipe, baik secara umum dan tidak umum. Jenis RAM yang dikenal secara umum ada dua, yaitu :

1. RAM statis yang disebut dengan (SRAM)
2. RAM dinamis yang disebut dengan (DRAM)

1. RAM statis (SRAM)
Kata statis menunjukkan bahwa memori mempertahankan isinya selama daya listrik ada. Namun, data hilang ketika listrik mati karena sifat volatile. chip SRAM menggunakan matriks 6-transistor dan tidak ada kapasitor. Transistor tidak memerlukan kekuatan untuk mencegah kebocoran, sehingga SRAM tidak perlu harus refresh secara teratur.

Karena ruang ekstra dalam matriks, SRAM menggunakan chips dari DRAM untuk jumlah yang sama ruang penyimpanan, sehingga membuat biaya produksi semakin tinggi. Jadi SRAM digunakan sebagai memori cache dan memiliki akses yang sangat cepat.
Karakteristik dari Static RAM / SRAM
  • Lebih awet
  • Tidak perlu untuk me-refresh
  • Lebih cepat
  • Digunakan sebagai memori cache
  • Ukuran besar
  • Mahal
  • Konsumsi daya tinggi

2. RAM dinamis (DRAM)
DRAM berbeda dengan SRAM, DRAM harus terus disegarkan untuk menjaga data. Hal ini dilakukan dengan menempatkan memori pada sirkuit penyegaran yang melakukan penulisan ulang data beberapa ratus kali per detik. DRAM digunakan untuk memori sistem karena murah dan kecil. Semua DRAM terdiri dari sel-sel memori yang terdiri dari satu kapasitor dan satu transistor.

Baca juga: Perangkat Keras Komputer

Karakteristik RAM Dinamis atau DRAM
  • Perlu disegarkan terus
  • Lebih lambat dibandingkan dengan SRAM
  • Digunakan sebagai RAM
  • Lebih murah
  • Konsumsi daya yang lebih kecil.

Jenis RAM yang tidak dikenal secara umum adalah:
Dual-ported RAM
Video RAM, memori port-ganda dengan satu port akses acak dan satu port akses urut. Dia menjadi populer karena semakin banyak orang membutuhkan memori video. Lihat penjelasan dalam Dynamic RAM.
WRAM
MRAM
FeRAM

Kesimpulan : Pengertian RAM adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, program dan hasil program yang bersifat sementara, artinya ketika listrik dimatikan, maka data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya.

TOKOH TELADAN
Frederic Calland Williams
Namanya adalah Williams, nama lengkapnya Frederic Calland Williams. Beliau dididik di Stockport Grammar School dan University of Manchester di mana ia dianugerahi gelar Bachelor of Science dan Master of Science derajat. Dia melanjutkan untuk menerima nya DPhil gelar pada tahun 1936 setelah belajar di Magdalen College, Oxford
Dikenal sebagai:    
    Tabung Williams-Kilburn
    Manchester Bayi
    komputer Manchester

0 komentar