Pengertian Printer dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Pengertian Printer dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Printer adalah perangkat keras output komputer yang  bertanggung jawab untuk mengambil data elektronik yang disimpan pada komputer. Printer adalah salah satu perangkat yang paling umum digunakan pada komputer dan biasanya digunakan untuk mencetak teks dan foto. Gambar dibawah adalah contoh dari printer komputer Lexmark
Pengertian Printer dan Fungsinya Beserta Gambarnya
Sejarah Singkat Printer
Printer mekanik pertama diciptakan oleh Charles Babbage, printer ini digunakan dengan Difference Engine, Babbage dikembangkan pada tahun 1822. Printer Babbage menggunkan batang logam dengan karakter yang dicetak pada setiap batang untuk mencetak teks pada gulungan kertas yang diberi tinta melalui perangkat.

Sementara itu, printer inkjet mulai dikembangkan di akhir 1950-an, di 1970-an printer inkjet mampu mereproduksi gambar digital berkualitas baik. Printer inkjet kualitas yang lebih baik ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Canon, Epson , dan Hewlett-Packard .

Pada awal 1970-an, Gary Starkweather menemukan laser printer saat bekerja di Xerox. Dia memodifikasi Xerox 7000 mesin fotokopi untuk dasarnya menjadi printer laser, dengan memiliki output laser electronic data di atas kertas. baca juga perangkat output komputer

Namun, hal itu tidak sampai 1984 bahwa printer laser menjadi lebih luas dan ekonomis tersedia saat Hewlett-Packard memperkenalkan printer laser pertam yang sangat murah ialah HP LaserJet. Tahun berikutnya, Apple memperkenalkan printer laser yang Apple LaserWriter, menambahkan PostScript teknologi ke pasar printer.

Jenis printer
Di bawah ini adalah daftar semua jenis printer komputer. Hari ini, printer yang paling umum digunakan dengan komputer adalah Inkjet dan Laser printer.

Printer 3D
All-in-one (AIO) printer
Printer Dot Matrix
Printer inkjet
Printer laser
printer LED
Printer multifungsi (MFP)

0 komentar