Pengertian Modem dan Fungsinya

Pengertian Modem dan Fungsinya - Modem adalah perangkat eksternal atau sirkuit elektronik internal yang digunakan untuk mengirim dan menerima data digital melalui saluran komunikasi biasanya digunakan untuk sinyal analog. Modem yang melekat dalam komputer disebut dengan modem internal. maka dari itu pada kesempatan ini juga anda akan mengetahui pengertian modem dan fungsinya, serta jenis jenis modem itu sendiri.

Secara etimologi (bahasa), istilah “Modem” berasal dari modulator & demodulator. Modulator ialah bagian yg berfungsi untuk mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap utk dikirimkan. Sedangkan Demodulator merupakan bagian yg memisahkan sinyal informasi (yg berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yg di terima maka informasi tersebut akan di terima dgn baik.

Baca juga: Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Jadi dengan cara sederhana dapat dikatakan bahwa pengertian modem yaitu sebuah media komunikasi dua arah (modulator-demodulator) yg berfungsi utk memproses kode informasi digital, & mentransmisikan kembali kode informasi digital tersebut. Tujuannya yaitu utk menghasilkan sinyal yg bisa ditransmisikan dgn mudah.


Pengertian Modem dan Fungsinya, fungsi modem, cara kerja modem, pengertian modem adsl, pengertian modem dan fungsinya, jenis modem, pengertian dan fungsi modem, cara kerja modem, fungsi lan card, fungsi repeater, fungsi konektor rj 45, fungsi modem internal
Sekarang ini, perangkat keras yang satu ini bisa anda jumpai dimana-mana. Model modem yg paling sering dijumpai ialah modem pita suara yg mengubah data digital dari komputer menjadi sinyal listrik termodulasi pada rentang frekuensi suara saluran telpon. Sinyal ini bisa dikirimkan lewat saluran telpon & didemodulasi oleh modem lain di sisi penerima untuk mengubah kembali data digitalnya.

Baca juga cara meginstal modem di laptop

Sejarah Singkat Modem

Modem pertama kali digunakan dengan mesin teletype untuk mengirim telegram dan cablegrams. modem digital yang dikembangkan dari kebutuhan untuk mengirimkan data dalam jumlah besar untuk pertahanan udara Amerika Utara selama tahun 1950-an. Modem komersial pertama diperkenalkan pada tahun 1962. Dennis C. Hayes menemukan modem komputer pribadi pada tahun 1977, menandai munculnya era secara online dan internet. 

Dalam modem mulai digunakan terutama untuk berkomunikasi antara terminal data dan komputer host. Kemudian penggunaan modem diperpanjang untuk berkomunikasi antara host dalam jaringan. Ini diperlukan modem yang bisa mengirimkan data lebih cepat, mengarah ke pengenalan teknik kompresi untuk meningkatkan kecepatan data dan deteksi kesalahan dan teknik koreksi untuk meningkatkan kehandalan. Namun, kecepatan transmisi masih lebih cepat yang diperlukan.

Modem tradisional, operasi lebih tradisional sebagian besar jalur analog-telepon, memiliki batas kecepatan transmisi data sekitar 56 kilobit per detik. Sebuah spesifikasi untuk Integrated Services Digital Network (ISDN), yang memungkinkan lebar bandwidth transmisi digital menggunakan public switched jaringan telepon, diperkenalkan pada tahun 1984. Sebuah panggilan telepon dapat mentransfer 64 kilobit data digital per detik dengan ISDN dan 128 kilobit dengan dual-channel ISDN. koneksi ISDN digunakan untuk menyediakan berbagai layanan digital termasuk telepon digital suara, fax, e-mail, video digital, dan akses ke Internet.

Digital Subscriber Line (DSL) protokol, diperkenalkan pada awal 1990-an, dan modem kabel, diperkenalkan pada akhir 1990-an. Masing-masing memiliki kecepatan transfer data maksimum 1,5 megabit per detik. DSL menyediakan koneksi komunikasi digital broadband yang beroperasi melalui kabel telepon tembaga standar. koneksi membutuhkan modem DSL, yang membagi transmisi menjadi band yang lebih rendah untuk panggilan telepon biasa dan band atas untuk data digital. 

Kelemahan dari DSL adalah bahwa komputer yang terhubung harus berada dalam beberapa mil dari stasiun pemancar terdekat. Sebuah kabel modem memodulasi dan mendemodulasi sinyal seperti modem telepon tetapi transfer data lebih cepat melalui saluran-terutama kabel serat optik atau kabel coaxial.

Broadband lebih Daya Lines (BPL) modem bekerja sama namun menggunakan jalur listrik untuk mentransfer data; BPL modem terhubung ke outlet listrik. BPL modem dapat digunakan untuk mengakses penyedia layanan Internet melalui saluran listrik lokal, atau mereka mungkin menggunakan kabel dalam gedung untuk membuat jaringan untuk komputer di sana.

TOKOH TELADAN

Dennis C. Hayes
Dennis C. Hayes
Namanya Dennis C. Hayes (lahir 1950) seorang laki-laki pendiri Hayes Microcomputer Products , Ia dikenal sebagai pembuat modem dan memperkenalkan Hayes commant set, yang kemudian digunakan di sebagian besar modem yang diproduksi hingga hari ini.
Terimaksih sudah membaca pengertian modem dan fungsinya, semoga bermanfaat .

0 komentar