Pengertian LAN dan Contohnya

Pengertian LAN dan Contohnya - Sebuah jaringan rumah adalah jaringan area lokal perumahan. jaringan area lokal (atau LAN) berarti mencakup wilayah geografis yang kecil, seperti rumah, kantor, atau sekelompok bangunan. jaringan rumah dapat digunakan untuk berbagi file, printer, dan / atau koneksi tunggal ke Internet antara set komputer.

Jaringan LAN
Berikut ini adalah daftar perangkat yang dapat digunakan untuk membuat atau mengubah jaringan rumah Anda.

Pengertian LAN dan Contohnya


Modem
Sebuah modem broadband digunakan untuk menghubungkan jaringan ke Internet. Anda dapat menggunakan modem DSL menggunakan saluran telepon atau modem kabel menggunakan koneksi kabel internet.

Router
Sebuah router (atau gerbang perumahan) perangkat keras komputer yang berfungsi menghubungkan antara modem broadband dan sisanya dari jaringan. Hal ini memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke internet secara bersamaan. Sebuah router dapat mencakup gateway perumahan, hub / switch, modem DSL, dan titik akses nirkabel semua dalam satu kotak rinci sebagai router.

Tentu saja PC atau laptop adalah bagian dari jaringan rumah.
Sebuah access point nirkabel (seperti dikatakan sebelumnya) dapat menjadi bagian dari router. Namun, jika Anda memiliki router tua atau router yang tidak memiliki dukungan yang Anda bisa mendapatkan titik akses nirkabel sebagai kotak sendiri.

Beberapa jaringan rumah sekarang memiliki peripheral hiburan yang berbeda seperti DVR (seperti TiVo), pemutar audio digital, peripheral gaming, atau stereo.

Sebuah jembatan jaringan mungkin ditambahkan dalam jaringan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda bersama-sama seperti menambahkan komponen kabel ke jaringan nirkabel.

Sebuah switch jaringan adalah hub jaringan pusat mengandung sejumlah pelabuhan Ethernet untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan bersama-sama. Ini adalah sepotong (seperti yang disebutkan di atas) yang dapat built-in ke router.

Kabel vs Wireless
Ketika Anda membuat jaringan rumah Anda, penting untuk memutuskan apakah akan mengaturnya untuk kabel atau nirkabel atau keduanya. Ada keuntungan dan kerugian untuk kedua jadi semuanya tergantung pada bagaimana Anda menggunakan jaringan rumah Anda. Perbedaan utama antara jaringan kabel dan nirkabel adalah bahwa jaringan kabel yang terhubung melalui kabel Ethernet sementara jaringan nirkabel tidak memerlukan koneksi fisik. 

Untuk memasang jaringan kabel yang Anda butuhkan untuk kawat semua komputer Anda langsung ke router atau switch. Tergantung pada seberapa jauh komputer Anda dari router atau switch ini bisa memerlukan memadamkan kabel Ethernet yang sangat panjang seberang rumah Anda. Untuk memasang jaringan nirkabel Anda hanya perlu melampirkan kartu jaringan nirkabel jika mereka tidak sudah pra-instal ke komputer Anda. Hampir setiap laptop yang baru dibeli atau desktop hari ini datang dengan kartu jaringan nirkabel pra-instal sehingga Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang itu. baca juga : Pengertian modem dan fungsinya

Selain perbedaan dalam instalasi ada perbedaan harga juga. Sebuah jaringan nirkabel dapat lebih mahal maka jaringan kabel untuk setup. Wireless router lebih mahal router maka kabel dan Anda juga mungkin perlu membeli server cetak nirkabel atau kartu jaringan nirkabel untuk komputer yang tidak memiliki mereka pra-instal. Meletakkan kabel Ethernet yang sangat panjang dapat dikenakan biaya uang juga jadi berpikir tentang berapa banyak kabel Anda akan membutuhkan.

Ada perbedaan kinerja antara jaringan kabel dan nirkabel juga. Sambungan kabel akan menjadi lebih cepat dari koneksi nirkabel karena data yang ditransfer lebih cepat melalui kabel Ethernet dari udara. Hal ini juga penting untuk berpikir tentang apa jenis komputer Anda akan hooking up ke jaringan Anda. 

Jika Anda memiliki laptop maka Anda mungkin akan ingin jaringan nirkabel yang memberikan Anda fleksibilitas untuk bergerak dengan laptop Anda. Jika Anda hanya memiliki desktop yang tidak terlalu jauh dari router atau switch maka Anda mungkin akan lebih baik dengan keunggulan kinerja jaringan kabel. cara melihat spesifikasi laptop

Keamanan merupakan masalah besar ketika melihat setup jaringan nirkabel kabel vs. Sebuah jaringan nirkabel rentan terhadap serangan oleh komputer yang dapat bergabung ke jaringan Anda yang berarti semua komputer di sekitar lingkungan Anda atau kantor yang dapat menempel ke jaringan nirkabel Anda dan mendapatkan akses ke semua komputer Anda terhubung dalam jaringan Anda.

Semua perlindungan Anda dari serangan dari Internet tidak berguna sekali Anda telah gotten lulus firewall dan memperoleh akses ke jaringan internal. Wired merupakan keuntungan yang jelas lebih nirkabel di daerah ini tetapi jika Anda berhati-hati Anda dapat membuat jaringan nirkabel Anda sangat aman. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang keamanan dalam pelajaran keamanan.

0 komentar