Pengertian Komputer dan Fungsinya

Pengertian Komputer dan Fungsinya - Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Ia memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data. Anda mungkin sudah tahu bahwa komputer bisa digunakan untuk mengetik dokumen, mengirim email, bermain game, dan browsing Web. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedit atau membuat spreadsheet, presentasi, dan bahkan video.

Pada postingan kali ini, saya akan menunjukkan beberapa hal yang paling penting yang perlu Anda ketahui tentang komputer, seperti pengertian komputer, pengertian pc, pengertian tablet, pengertian komputer server, termasuk cara mengatur komputer, bagaimana berinteraksi dengan desktop dan sistem operasi sekaligus jenis-jenis komputer yang tersedia. Saya juga akan memperkenalkan Anda kepada beberapa strategi pemecahan masalah dasar dapat Anda pelajari jika komputer Anda tidak bekerja dengan benar.

Pengertian Komputer dan Fungsinya


Perangkat Keras Komputer VS Perangkat Lunak
Sebelum kita berbicara tentang berbagai jenis komputer, mari kita bicara tentang dua hal semua komputer memiliki kesamaan: hardware dan software.

Hardware atau perangkat keras adalah bagian dari komputer Anda yang memiliki struktur fisik, seperti keyboard atau mouse. Ini juga mencakup semua bagian internal komputer, yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah.

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Software atau perangkat lunak adalah setiap set instruksi yang memberitahu perangkat keras apa yang harus dilakukan. Ini adalah pemandu hardware untuk menyelesaikan tugas masing-masing. Beberapa contoh perangkat lunak termasuk web browser, game dan pengolah kata. Di bawah, Anda dapat melihat gambar dari Microsoft PowerPoint, yang digunakan untuk membuat presentasi.


Pengertian Komputer dan Fungsinya
Segala sesuatu yang Anda lakukan di komputer Anda akan bergantung pada hardware dan software. Misalnya, sekarang Anda dapat melihat pelajaran ini di web browser (software) dan menggunakan mouse (hardware) untuk meng-klik dari halaman ke halaman.

Jenis-jenis Komputer
Ketika kebanyakan orang mendengar kata komputer, pasti yang terbayang di pikiran adalah PC seperti desktop atau laptop. Namun perlu anda ketahui, komputer datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan mereka melakukan banyak fungsi yang berbeda dalam kehidupan kita sehari-hari.

Komputer Dekstop
Komputer desktop banyak digunakan di tempat kerja, rumah, sekolah, atau perpustakaan. digunakan oleh berbagai kalangan juga. Setelah Anda menambahkan monitor, mouse, dan keyboard, maka anda mengetahui bahwa itu adalah komputer desktop.

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Sebagian besar komputer desktop yang mudah untuk meningkatkan dan memperluas atau menambah bagian baru. Manfaat lain dari komputer desktop adalah harganya yang murah. Jika Anda membandingkan desktop dan laptop dengan fitur yang sama, kemungkinan besar Anda akan menemukan bahwa desktop lebih murah.

Laptop
Anda mungkin akrab dengan adalah sebuah komputer laptop, atau laptop. Laptop baterai-atau AC-powered komputer pribadi yang lebih portabel daripada komputer desktop, memungkinkan Anda untuk menggunakannyahampir di mana saja. cara melihat spesifikasi laptop

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Karena laptop lebih kecil dari desktop, itu lebih sulit untuk mengakses komponen internal. Ini berarti Anda mungkin tidak dapat meng-upgrade mereka dengan mudah sebagai desktop.

Tablet
Tablet komputer atau tablet adalah komputer genggam yang lebih portabel dari laptop. Tanpa keyboard atau touchpad, tablet menggunakan layar sentuh yang sensitif untuk mengetik dan navigasi. IPad adalah contoh dari sebuah tablet.
Pengertian Komputer dan Fungsinya


Tablet tidak bisa serta merta melakukan hal yang dilakukan di laptop atau desktop, sehingga Anda mungkin masih perlu desktop atau laptop untuk menjalankan program atau membuat dokumen. Tetapi jika Anda hanya ingin bermain game, cek email dan media sosial, atau mendengarkan musik dan video, tablet dapat menjadi pengganti komputer yang baik.

Ruang server
Server adalah sebuah komputer yang menyajikan informasi ke komputer lain di jaringan. Banyak perusahaan memiliki server file karyawan dapat digunakan untuk menyimpan dan berbagi file. Sebuah server dapat terlihat seperti komputer desktop biasa, atau bisa jauh lebih besar.

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Server juga memainkan peran penting dalam membuat karya Internet: Server berfungsi untuk penyimpanan halaman web. Ketika Anda menggunakan internet, dan meng klik salahsatu link, maka web server memberikan halaman yang Anda minta.


Jenis lain dari komputer
Hari ini, ada banyak perangkat sehari-hari yang pada dasarnya komputer khusus, meskipun kita tidak selalu menganggapnya sebagai komputer. Berikut adalah beberapa contoh umum:

Ponsel: Banyak ponsel dapat melakukan banyak hal komputer dapat lakukan, seperti browsing internet dan bermain game. Ponsel ini sering disebut smartphone.
Konsol permainan: Sebuah konsol permainan adalah jenis khusus dari komputer yang digunakan untuk bermain video game. Meskipun mereka tidak sepenuhnya tampil sebagai komputer desktop, banyak konsol yang lebih baru memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas serta berdekatan seperti browsing Web.
TV: Banyak TV sekarang termasuk aplikasi-aplikasi atau-yang memungkinkan Anda mengakses berbagai jenis konten online. Misalnya, Anda dapat melihat Facebook Berita Anda Umpan atau menonton film streaming di Netflix.


PC dan Mac
PC datang dalam dua gaya utama: PC dan Mac. Keduanya berfungsi penuh, tetapi mereka memiliki tampilan yang berbeda, dan banyak orang lebih memilih satu atau yang lain.

PC: Jenis komputer dimulai dengan PC IBM original yang diperkenalkan pada tahun 1981. perusahaan lain mulai menciptakan komputer yang sama, yang disebut IBM PC Compatible (sering disingkat PC). Hari ini, ini adalah jenis yang paling umum dari komputer pribadi, dan biasanya mencakup sistem operasi Microsoft Windows.

Mac: Komputer Macintosh diperkenalkan pada tahun 1984, dan itu adalah pertama banyak dijual komputer pribadi dengan antarmuka pengguna grafis, atau GUI (diucapkan lengket). Semua Mac yang dibuat oleh satu perusahaan, Apple Inc., dan mereka hampir selalu menggunakan sistem operasi Mac OS X.

0 komentar