Pengertian IP Address

Pengertian IP Address Setiap mesin di internet memiliki nomor unik yang ditugaskan untuk itu, yang disebut alamat IP. Tanpa alamat IP yang unik pada mesin Anda, Anda tidak akan dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, pengguna, dan komputer di Internet. Anda dapat melihat alamat IP Anda seolah-olah itu nomor telepon, masing-masing yang unik dan digunakan untuk mengidentifikasi cara untuk menghubungi Anda dan hanya Anda.

IPv4 dan IPv6
Ada dua rasa dari Alamat IP yang dapat digunakan pada jaringan. Pertama, dan versi yang Internet dan sebagian besar router saat ini dikonfigurasi untuk, adalah IPv4 atau Internet Protocol versi 4. Versi ini menggunakan alamat 32-bit, yang membatasi jumlah alamat ke 4294967296 alamat unik mungkin. Beberapa alamat ini, sekitar 290 juta, juga disediakan untuk tujuan khusus. 

Karena pertumbuhan populer dari Internet ada kekhawatiran bahwa kolam alamat mungkin akan habis dalam waktu dekat. Dengan pemikiran ini, versi baru dari alamat IP yang dikembangkan disebut IPv6, atau Internet Protocol versi 6, yang akan mengubah ukuran alamat dari alamat 32-bit ke alamat 128-bit. 

Perubahan ini akan memungkinkan untuk alokasi alamat IP murah hati ke jaringan tanpa masalah mendatang dengan jumlah alamat yang tersedia. Untuk menggunakan alamat IPv6, meskipun, router dan perangkat keras yang ada perlu ditingkatkan atau dikonfigurasi untuk menggunakan versi baru dari alamat IP.

Seperti IPv4 masih yang paling umum digunakan, tutorial ini akan berfokus pada yang versi alamat IP.

Alamat Hakikat
Sebuah alamat IP selalu terdiri dari 4 angka yang dipisahkan oleh periode, dengan nomor memiliki berbagai kemungkinan 0 melalui 255. Sebuah contoh bagaimana sebuah alamat IP muncul adalah: 192.168.1.10

representasi dari alamat IP disebut notasi desimal dan apa yang umumnya digunakan oleh manusia untuk merujuk ke alamat IP untuk tujuan dibaca. Dengan rentang untuk setiap nomor menjadi antara 0 dan 255 ada total 4294967296 alamat IP mungkin. cara melihat spesifikasi laptop

Dari alamat ini ada 3 khusus berkisar yang dicadangkan untuk tujuan khusus. Yang pertama adalah alamat 0.0.0.0 dan mengacu pada jaringan default dan alamat 255.255.255.255 yang disebut alamat broadcast. Alamat ini digunakan untuk routing, yang tidak akan dibahas dalam tutorial ini. Alamat ketiga, 127.0.0.1, adalah alamat loopback, dan mengacu pada mesin Anda. Setiap kali Anda melihat, 127.0.0.1, Anda benar-benar mengacu pada mesin Anda sendiri. Itu berarti jika Anda mengklik link ini, http://127.0.0.1 , Anda benar-benar mencoba untuk terhubung ke komputer Anda sendiri, dan kecuali Anda memiliki berjalan web server, Anda akan mendapatkan kesalahan koneksi.

Ada beberapa pedoman untuk bagaimana alamat IP dapat muncul, meskipun. Empat nomor harus antara 0 dan 255, dan alamat IP dari 0.0.0.0 dan 255.255.255.255 dicadangkan, dan tidak dianggap alamat IP dapat digunakan. alamat IP harus unik untuk setiap komputer yang terhubung ke jaringan. Itu berarti bahwa jika Anda memiliki dua komputer di jaringan Anda, masing-masing harus memiliki alamat IP yang berbeda untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Jika kebetulan alamat IP yang sama ditugaskan untuk dua komputer, maka komputer-komputer akan memiliki apa yang disebut "IP Conflict" dan tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.

Kelas alamat IP
Alamat IP ini lebih lanjut dapat dipecah menjadi kelas. Kelas-kelas ini adalah A, B, C, D, E dan rentang mungkin mereka dapat dilihat pada Gambar 2 di bawah ini.
Jika Anda melihat di meja Anda mungkin melihat sesuatu yang aneh. Kisaran alamat IP dari Kelas A Kelas B melompat kisaran 127.0.0.0-127.255.255.255. Itu karena kisaran ini dicadangkan untuk alamat khusus yang disebut alamat Loopback yang telah dibahas di atas.

Sisa kelas dialokasikan untuk perusahaan dan organisasi berdasarkan pada jumlah alamat IP yang mungkin mereka butuhkan. Di bawah ini adalah deskripsi dari kelas IP dan organisasi yang biasanya akan menerima jenis alokasi.

Standar Jaringan: Jaringan khusus 0.0.0.0 umumnya digunakan untuk routing.

Kelas A: Dari tabel di atas Anda melihat bahwa ada 126 jaringan kelas A. Jaringan ini terdiri dari 16.777.214 kemungkinan alamat IP yang dapat diberikan ke perangkat dan komputer. Jenis ini alokasi umumnya diberikan kepada jaringan yang sangat besar seperti perusahaan multi-nasional.

Loopback: ini adalah jaringan 127.0.0.0 khusus yang dicadangkan sebagai loopback ke komputer Anda sendiri. Alamat ini digunakan untuk pengujian dan debugging program atau hardware.

Kelas B: Kelas ini terdiri dari 16.384 jaringan individu, masing-masing alokasi terdiri dari 65.534 kemungkinan alamat IP. blok ini umumnya dialokasikan untuk Internet Service Provider dan jaringan yang besar, seperti perguruan tinggi atau rumah sakit besar.

Kelas C: Ada total 2.097.152 kelas C jaringan yang tersedia, dengan masing-masing jaringan yang terdiri dari 255 alamat IP individu. Jenis kelas umumnya diberikan kepada perusahaan kecil menengah.

Kelas D: Alamat IP di kelas ini dicadangkan untuk layanan yang disebut Multicast.

Kelas E: Alamat IP di kelas ini dicadangkan untuk digunakan eksperimental.

Broadcast: ini adalah jaringan khusus dari 255.255.255.255, dan digunakan untuk penyiaran pesan ke seluruh jaringan bahwa komputer Anda berada pada.

Alamat private
Ada juga blok alamat IP yang disisihkan untuk penggunaan pribadi internal komputer tidak langsung terhubung ke Internet. alamat IP ini tidak seharusnya disalurkan melalui Internet, dan sebagian besar penyedia layanan akan memblokir upaya untuk melakukannya. alamat IP ini digunakan untuk penggunaan internal oleh perusahaan atau rumah jaringan yang harus menggunakan TCP / IP tetapi tidak ingin langsung terlihat di Internet. Rentang IP ini adalah:


Jika Anda berada di rumah / kantor jaringan pribadi dan ingin menggunakan TCP / IP, Anda harus menetapkan komputer / perangkat alamat IP Anda dari salah satu dari tiga rentang tersebut. Dengan cara itu router / firewall akan menjadi satu-satunya perangkat dengan alamat IP yang benar yang membuat jaringan Anda lebih aman.

Masalah umum dan Resolusi
Masalah yang paling umum orang adalah kesalahab menetapkan alamat IP ke perangkat di jaringan Anda yang sudah ditetapkan ke perangkat lain. Ketika ini terjadi, komputer lain tidak akan tahu mana perangkat harus mendapatkan informasi, dan Anda dapat mengalami perilaku tak menentu. 

Pada sebagian besar sistem operasi dan perangkat, jika ada dua perangkat pada jaringan lokal yang memiliki alamat IP yang sama, itu akan umumnya memberikan "IP Conflict" peringatan. Jika Anda melihat peringatan ini, yang berarti bahwa perangkat memberikan peringatan, terdeteksi perangkat lain pada jaringan menggunakan alamat yang sama.

Solusi terbaik untuk menghindari masalah seperti ini adalah dengan menggunakan layanan yang disebut DHCP bahwa hampir semua router rumah menyediakan. DHCP, atau Dynamic Host Configuration Protocol, adalah layanan yang memberikan alamat ke perangkat dan komputer. 

Anda memberitahu server DHCP apa kisaran alamat IP Anda ingin untuk menetapkan, dan kemudian server DHCP mengambil tanggung jawab menetapkan alamat IP tersebut ke berbagai perangkat dan melacak sehingga mereka alamat IP ditugaskan hanya sekali. pengertian komputer dan fungsinya

Kesimpulan
alamat IP dan fungsi mereka di Internet merupakan konsep penting untuk memahami. Mudah-mudahan dengan tutorial ini Anda akan memiliki pemahaman yang lebih tegas pada konsep ini, yang akan membantu Anda memecahkan masalah dan membawa pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Internet bekerja.

0 komentar