Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet dan Intranet - Internet adalah / sistem global di seluruh dunia jaringan komputer yang saling berhubungan. Internet menggunakan standar Internet Protocol (TCP / IP) Setiap komputer di internet diidentifikasi dengan alamat IP yang unik.
 
IP Address adalah set angka yang unik (seperti 110.22.33.114) yang mengidentifikasi lokasi komputer. Sebuah DNS komputer khusus (Domain Name Server) digunakan untuk memberikan nama ke alamat IP sehingga pengguna dapat menemukan komputer dengan nama. Misalnya, server DNS akan menyelesaikan nama http://www.tutorialspoint.com ke alamat IP tertentu untuk mengidentifikasi secara unik komputer di mana situs ini di-host.

Pengertian Internet dan Intranet


Internet dapat diakses oleh setiap pengguna di seluruh dunia.

Intranet adalah sistem di mana beberapa PC yang terhubung satu sama lain.
PC di intranet tidak tersedia untuk dunia luar intranet.

Biasanya setiap perusahaan atau organisasi memiliki jaringan Intranet mereka sendiri dan anggota / karyawan dari perusahaan yang dapat mengakses komputer di intranet mereka.

Setiap komputer di Intranet juga diidentifikasi oleh alamat IP yang unik di antara komputer di Intranet itu. pengertian komputer dan fungsinya

Kesamaan dalam Internet dan Intranet
Intranet menggunakan protokol internet seperti TCP / IP dan FTP.
Situs intranet dapat diakses melalui web browser dalam cara yang sama seperti situs di internet. Tapi hanya anggota jaringan Intranet dapat mengakses intranet host situs.

Pada Intranet, instant messenger sendiri dapat digunakan sebagai mirip dengan yahoo messenger / Gtalk melalui internet.

Perbedaan Internet dan Intranet
Internet adalah umum untuk PC di seluruh dunia sedangkan Intranet khusus untuk beberapa PC.
Internet memiliki akses yang lebih luas dan memberikan akses yang lebih baik untuk situs web untuk populasi yang besar sedangkan Intranet dibatasi.
Internet tidak aman seperti Intranet sebagai Intranet dapat dengan aman diprivatisasi sesuai kebutuhan.

0 komentar