Pengertian Hardisk dan Cara Kerjanya

Pengertian Hardisk dan Cara Kerjanya - Hampir semua komputer desktop memiliki hardisk di dalamnya, tetapi apakah Anda benar-benar tahu apa yang mereka? Banyak orang ketika mereka mendengar kata hardisk, berpikir bahwa itu mengacu pada komputer secara keseluruhan. Pada kenyataannya, meskipun, hardisk adalah salah satu dari banyak potongan yang berbeda yang terdiri komputer. 

Fungsi hardisk - Hardisk adalah salah satu bagian yang paling penting dari komputer Anda karena digunakan sebagai ruang penyimpanan jangka panjang untuk data Anda. Apa itu artinya, terlepas dari apakah atau tidak komputer menyala, atau Anda kehilangan kekuatan, data masih akan tetap tersimpan di drive ini menjaganya agar tetap aman.

Di sisi lain, ia memberitahu Anda betapa pentingnya dukungan up data Anda, karena jika kerusakan hardisk ada kesempatan baik Anda akan kehilangan semuanya.

Baca juga: Perangkat Keras Komputer dan Fungsi beserta Gambarnya

Sebuah hardisk merupakan bagian integral dari peralatan untuk komputer sebagai sistem operasi Anda dan semua data biasanya tersimpan di sana. Dalam sebagian besar situasi, jika Anda tidak memiliki hardisk yang bekerja, atau malfungsi hardisk, Anda tidak akan dapat boot komputer ke dalam sistem operasi dan tentunya komputer akan error. Jika Anda membuka casing kompute, anda akan melihat hardisk seperti gambar dibawah ini.

Pengertian Hardisk dan Cara Kerjanya



Bagaimana hardisk bekerja ???
Jika Anda adalah untuk membuka hardisk Anda, yang akan segera membatalkan garansi dan berpotensi merusak, Anda akan melihat sesuatu seperti gambar di bawah: 

Sebuah hardisk terdiri dari:
a. Piring-piring magnetik - Platters adalah piring bundar pada gambar di atas. Masing-masing piring memegang sejumlah informasi, sehingga drive dengan banyak penyimpanan akan memiliki lebih piring-piring dari satu dengan kurang penyimpanan.

Ketika informasi disimpan dan diambil dari piring-piring itu dilakukan agar dalam lingkaran konsentris yang disebut track, yang selanjutnya dipecah menjadi segmen yang disebut sektor.

b. Arm - Lengan adalah bagian mencuat atas piring-piring. Lengan akan berisi membaca dan menulis kepala yang digunakan untuk membaca dan menyimpan informasi magnetik ke piring-piring. Masing-masing piring akan memiliki lengan sendiri yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari itu.

c. Motor - Motor yang digunakan untuk memutar piring-piring dari 4.500 hingga 15.000 rotasi per menit (RPM). Semakin cepat RPM drive, kinerja yang lebih baik Anda akan mencapai dari itu.

Ketika komputer ingin mengambil data dari hardisk, motor akan berputar ke atas piring-piring dan lengan akan bergerak sendiri ke posisi yang sesuai di atas piring di mana data disimpan. Kepala pada lengan akan mendeteksi bit magnetik pada piring-piring dan mengubahnya menjadi data yang sesuai yang dapat digunakan oleh komputer.

Sebaliknya, ketika data dikirim ke drive, kepala akan kali ini, kirim pulsa magnetik pada piringan mengubah sifat magnetik dari piring, dan dengan demikian menyimpan informasi Anda.

Hardisk Antarmuka
Sebuah hardisk terhubung ke komputer Anda melalui jenis tertentu antarmuka. Antarmuka pada hardisk Anda harus sesuai dengan antarmuka yang sesuai pada motherboard Anda. Jika Anda membeli hardisk baru yang memiliki antarmuka yang motherboard Anda tidak mendukung, itu tidak akan bekerja di komputer Anda.

Baca juga: Komponen Motherboard

Saat ini ada tiga antarmuka yang telah menjadi standar untuk menghubungkan hard ke komputer Anda. Beberapa informasi tentang masing-masing interface tersebut berada di bawah.
a. IDE atau ATA - Ini adalah saat antarmuka yang paling umum digunakan tapi dengan cepat menjadi diatasi dengan antarmuka SATA yang lebih baru. Hardisk menggunakan jenis antarmuka memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.

b. SATA - Sebuah antarmuka baru yang menggunakan kabel kurang besar dan memiliki kecepatan mulai dari 150 Mbps untuk SATA dan 300 Mbps untuk SATA II. Hampir semua produsen komputer sudah mulai menggunakan drive SATA.

c. SCSI - Jenis antarmuka biasanya digunakan dalam lingkungan bisnis untuk server. Hardisk dirancang untuk antarmuka SCSI cenderung memiliki RPM yang lebih cepat yang karenanya memberikan kinerja yang lebih baik.

Tips Membeli dan Memilih Hardisk Komputer
Ketika membeli hardisk, hal yang harus di perhatikan dan dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

Waktu akses - Jumlah sebenarnya waktu dari saat data yang diminta dari drive dan disampaikan. Semakin rendah angkanya, semakin baik.

RPMS - Seberapa cepat piring-piring berputar. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat drive akan.
Kapasitas - Jumlah ruang penyimpanan yang tersedia pada drive. Biasanya kebanyakan drive dibeli hari ini akan menjadi 80 Gigabytes atau lebih besar. Sebuah hardisk 80 GB akan rata-rata biaya sekitar 60 USD.

Interface - Bagaimana hardisk terhubung ke komputer Anda. Pastikan bahwa antarmuka hardisk didukung pada komputer Anda sebelum Anda membelinya.

0 komentar