Pengertian FTP dan Fungsinya

Pengertian FTP dan Fungsinya - FTP protocol (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

Pelaksanaan FTP tanggal dari tahun 1971 ketika sistem transfer file (dijelaskan di RFC 141) antara mesin MIT (Massachusetts Institute of Technology) dikembangkan. Banyak RFC telah membuat perbaikan protokol dasar, tetapi inovasi terbesar tanggal dari bulan Juli tahun 1973.

Protokol FTP saat ini didefinisikan oleh RFC 959 (File Transfer Protocol (FTP) - Spesifikasi).

Peran protokol FTP
FTP protokol mendefinisikan cara di mana data harus ditransfer melalui TCP / IP network.

Fungsi atau Manfaat dari protokol FTP adalah untuk:
a. memungkinkan file sharing antara mesin jarak jauh
b. memungkinkan independensi antara klien dan server file sistem mesin
c. memungkinkan transfer data yang efisien

Model FTP
Pengertian FTP dan Fungsinya
Protokol FTP jatuh dalam model client-server, yaitu satu mesin mengirim perintah (klien) dan permintaan menanti lainnya untuk melaksanakan tindakan (server).

Selama koneksi FTP, dua saluran transmisi terbuka:

    Saluran untuk perintah (saluran kontrol)
    Sebuah saluran untuk data

Jadi, kedua klien dan server memiliki dua proses yang memungkinkan kedua jenis informasi yang akan dikelola:

a. DTP (Data Proses Transfer) adalah proses yang bertugas menjalin koneksi dan mengelola saluran data. Sisi server DTP disebut SERVER-DTP, DTP sisi client disebut PENGGUNA-DTP

b. PI (Protokol Interpreter) menafsirkan protokol yang memungkinkan DTP harus dikontrol menggunakan perintah diterima melalui saluran kontrol. Hal ini berbeda pada klien dan server:

- SERVER-PI bertanggung jawab untuk mendengarkan perintah datang dari USER-PI lebih saluran kontrol pada port data , membangun sambungan untuk saluran kontrol, menerima perintah FTP dari USER-PI lebih ini, menanggapi mereka dan berjalan SERVER-DTP.

- PI bertanggung jawab untuk membangun koneksi dengan server FTP, mengirimkan perintah FTP, menerima tanggapan dari SERVER-PI dan mengendalikan PENGGUNA-DTP jika diperlukan.

Penting untuk dicatat bahwa kontrol dan data port adalah saluran yang terpisah, adalah mungkin untuk mengirim perintah dari satu mesin dan menerima data yang lain. Jadi, misalnya adalah mungkin untuk mentransfer data antara server FTP dengan melewati klien untuk mengirim instruksi kontrol dan dengan mentransfer informasi antara dua proses server yang terhubung pada port yang tepat.

Pengertian FTP dan Fungsinya


Mentransfer data dengan FTP antara dua server
Dalam konfigurasi ini, protokol membebankan bahwa saluran kontrol tetap terbuka sepanjang transfer data. Jadi server dapat menghentikan transmisi jika saluran kontrol rusak selama transmisi.
Perintah FTP

Semua komunikasi yang dilakukan pada saluran kontrol berikut Telnet rekomendasi protokol. Jadi, perintah FTP adalah string karakter Telnet (dalam kode NVT-ASCII) berakhir di akhir Telnet kode garis (yaitu urutan <CR> + <LF>, Carriage Return diikuti oleh karakter Line Feed, mencatat <CRLF>) .
Jika perintah FTP memiliki parameter, ini dipisahkan dari perintah dengan spasi (<SP>).

Perintah FTP memungkinkan untuk menentukan:
a. Port yang digunakan
b. Metode transfer data.
c. Struktur data
d. Sifat dari tindakan yang akan dilakukan (Ambil, Daftar, Toko, dll)

Ada tiga jenis perintah FTP:
a. Perintah kontrol akses
b. Perintah parameter Transfer
c. Perintah layanan FTP

Demikian arttikle singkat mengenai Pengertian FTP dan Fungsinya, semoga bermanfaat

0 komentar