Pengertian Firewall dan Fungsinya

Pengertian Firewall dan Fungsinya - Internet adalah tempat yang sangat rawan untuk sebuah komputer. Penjahat di Internet memiliki kemampuan untuk bersembunyi di balik komputernya, dan mereka berusaha untuk masuk ke komputer Anda untuk mencuri informasi pribadi atau menggunakannya untuk tujuan mereka sendiri, atau memang sengaja  membuat keadaan menjadi lebih buruk. Kika anda pernah melihat di Televisi, hacker dari indonesia meretas situs pemeritahan luar negri dan bagitupun sebaliknya.

Oleh karena itu, bagaimana cara yang ampuh untuk melindungi komputer anda?? Jawabannya adalah bahwa Anda dapat melindungi diri dengan firewall.

Pengertian Firewall dan Fungsinya, cara kerja firewall, pengertian firewall menurut para ahli,  jenis jenis firewall

Pengertian Firewall
Firewall adalah aplikasi perangkat keras atau perangkat lunak yang berada di antara komputer Anda dan internet dan memblok semua lalu lintas internet. Apakah ini berarti bahwa jika Anda browsing ke situs web, firewall akan mengizinkan lalu lintas dari situs web untuk sampai ke komputer Anda?? Di sisi lain, jika Anda tidak meminta informasi dari situs web, dan situs web mengirim lalu lintas ke Anda. baca juga perangkat lunak pengolah kata

Firewall untuk pengguna rumah dapat menjadi bagian dari perangkat keras atau software. Perbedaan akan dibahas di bawah.

Sebuah Firewall Hardware adalah perangkat yang duduk antara koneksi Internet Anda dan komputer terhubung ke dalamnya. firewall ini biasanya datang dengan built in hub yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa komputer untuk itu semua dapat berbagi satu koneksi Internet.

firewall ini memberikan perlindungan untuk semua komputer yang terhubung ke menggunakan teknologi yang disebut Network Address Translation, atau NAT. Perlindungan ini dilakukan oleh semua mesin yang dilindungi menggunakan alamat IP pribadi, seperti 192.168.1.X, yang tidak dapat dicapai melalui Internet.

Firewall kemudian mengkonversi alamat IP internal ke alamat IP publik yang ditugaskan untuk firewall. Hal ini membuat firewall hardware Anda menerima semua permintaan yang masuk yang Anda minta dan kemudian mengirimkannya ke komputer internal yang meminta. Dengan menggunakan metode ini, mesin luar tidak pernah dapat terhubung langsung ke komputer Anda.

Sebuah Personal Firewall adalah bagian dari perangkat lunak yang diinstal pada setiap komputer yang perlu dilindungi. Perangkat lunak ini kemudian memfilter semua lalu lintas yan masuk, dan hanya mengizinkan data yang telah diminta atau eksplisit diperbolehkan untuk bisa melewatinya. 

Firewall pribadi cenderung lebih kaya fitur dari versi hardware, tetapi firewall tidak memiliki kemampuan untuk memungkinkan Anda untuk berbagi koneksi Internet Anda dengan beberapa komputer di jaringan.

Keputusan untuk jenis firewall untuk digunakan tergantung pada menggunakannya. Jika Anda ingin melindungi hanya satu komputer, maka firewall software personal saya rasa lebih dari cukup. Jika Anda ingin melindungi beberapa komputer, maka solusi berbasis hardware mungkin biaya yang paling efektif. 

Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa Anda harus menggunakan kedua firewall hardware tersebut untuk melindungi jaringan dan firewall pribadi yang lebih melindungi komputer Anda. 

Meskipun ini bukan ide yang buruk, tapi hal ini dapat mengeluarkan biaya yang mahal. Jika uang bukan pilihan, maka menggunakan kedua akan menambah tingkat keamanan ekstra serta memberikan Anda dengan fungsionalitas yang lebih besar ditemukan di firewall pribadi.
Jika anda tertarik untuk menggunakan firewall, maka saya akan memberikan informasi beberapa Firewall popular di bawah ini.

Firewall populer
Ada banyak jenis firewall di pasar, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan mereka sendiri. Saya telah terdaftar ini firewall software pribadi dan vendor hardware sebagai sumber daya bagi Anda untuk penelitian lebih lanjut. Jika firewall tercatat sebagai gratis adalah penting untuk dicatat bahwa setara komersial mereka mungkin akan berisi lebih banyak fitur yang mungkin bermanfaat bagi Anda.
Firewall Personal Gratis
Emsisoft Online Armor Gratis
Outpost Firewall
Zone Alarm Free

Firewall Personal Berbayar
McAfee Personal Firewall
Outpost Firewall Pro
Zone Alarm Pro / Plus

Hardware Router / Firewall Vendor
Belkin
D-Link
linksys
Netgear

Kesimpulan
Seperti yang Anda lihat, memiliki firewall melindungi komputer Anda adalah suatu keharusan dalam melindungi komputer Anda dari hacker atau virus. Dengan pemantauan yang tepat dan aturan yang Anda akan dapat menggunakan aplikasi Anda di Internet seperti yang layaknya anda menjaga rumah sendiri dengan menguncinya, memasang cctv untuk mencegah perampokan. begitu lah kira-kira.

0 komentar