Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya - Menurut sebuah laporan oleh The Radicati Grup pada 9 Mei 2006, ada sekitar 171 miliar pesan e-mail yang dikirim setiap hari, 1,1 miliar pengguna e-mail di seluruh dunia, dan 1,4 miliar akun e-mail yang aktif. Angka-angka ini mengejutkan dan benar-benar mencerminkan bagaimana e-mail telah menjadi media yang penting untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga, kolega, dan klien.

Meskipun begitu banyak dari Anda menggunakan email sepanjang waktu, mungkin hanya beberapa orang saja benar-benar memahami cara kerja email. Tutorial ini dirancang untuk memberikan gambaran tentang bagaimana e-mail bekerja serta fitur e-mail yang terkait. 

Mudah-mudahan setelah membaca tutorial ini Anda akan menjadi lebih banyak pengguna informasi dan konsumen produk email atau layanan. Ini akan menjadi tutorial yang panjang dan rinci jadi saya sarankan Anda mencetaknya dan membacanya dengan santai sehingga Anda dapat menyerap semuanya.
Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya, pengertian email dan fungsinya,  pengertian email dan manfaatnya,  pengertian newsgroup,  pengertian email client


Cara Kerja Email
Ketika kita berpikir tentang e-mail kebanyakan dari kita berpikir dari sebuah program yang kita jalankan di komputer kita seperti Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dll mana kita ketik pesan, alamat, tekan tombol Send dan mengharapkan e-mail ke sampai ke penerima kami. 

Pada bagian ini saya akan menjelaskan apa yang terjadi setelah kita menekan tombol Send. Saya akan menggunakan layanan e-mail yang paling banyak digunakan, SMTP dan POP3 sebagai contoh, namun konsep dasarnya sama untuk semua teknologi e-mail

Standar saat email Internet mengharuskan semua email yang akan dikirim sebagai ascii, lebih dikenal sebagai teks. Ketika Anda menulis pesan, format itu, menambahkan lampiran apapun dan tekan tombol Send, software e-mail Anda secara otomatis akan mengkonversi pesan Anda ke dalam format teks murni yang mail server Anda mengerti.

Baca juga : Cara mengirim file lewat email

Sebuah contoh dari apa pesan dengan lampiran kecil tampak seperti setelah itu telah dikonversi ke teks di bawah. Seperti yang Anda lihat ada gambar atau format lainnya, tapi teks lebih hanya murni.

MIME-Version: 1.0
Content-Type: multipart / campuran;
batas = "---- = _ NextPart_000_056F_01C7396F.7EFEA840"
X-Prioritas: 3
X-MSMail-Prioritas: Normal
X-Mailer: Microsoft Outlook Express 6.00.2900.3028
X-MimeOLE: Diproduksi Oleh Microsoft MimeOLE V6.00.2900.3028

Ini adalah pesan multi-bagian dalam format MIME.

------ = _ NextPart_000_056F_01C7396F.7EFEA840
Content-Type: text / plain;
format = mengalir;
charset = "iso-8859-1";
reply-type = asli
Content-Transfer-Encoding: 7bit

Ini adalah pesan e-mail dengan lampiran gambar kecil.

------ = _ NextPart_000_056F_01C7396F.7EFEA840
Content-Type: image / jpeg;
name = "Contoh.jpg"
Content-Transfer-Encoding: base64
Content-Disposition: attachment;
filename = "Contoh.jpg"

/ 9J / 4AAQSkZJRgABAgAAZABkAAD / 7AARRHVja3kAAQAEAAAAPAAA / + 4ADkFkb2JlAGTAAAAAAf / b
AIQABgQEBAUEBgUFBgkGBQYJCwgGBggLDAoKCwoKDBAMDAwMDAwQDA4PEA8ODBMTFBQTE
xwbGxsc Hx8fHx8fHx8fHwEHBwcNDA0YEBAYGhURFRofHx8fHx8fHx8fHx8fHx8fHx8fHx8fHx8fHx8fHx8f
Hx8fHx8fHx8fHx8fHx8fHx8f / 8AAEQgACgAKAwERAAIRAQMRAf / EAE0AAQEAAAAAAAAAAAAAAAAA
AAAGAQEBAQAAAAAAAAAAAAAAAAAAAwcQAQAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARAQAAAAAA
AAAAAAAAAAAAAAD / 2gAMAwEAAhEDEQA / AJRsCQAAD // Z

------ = _ NextPart_000_056F_01C7396F.7EFEA840--

Setelah e-mail telah dikonversi ke teks, software email Anda kemudian mengirimkan pesan ke server surat keluar, atau SMTP Server, Anda tentukan ketika Anda setup account email di komputer Anda. Ketika server email keluar Anda menerima e-mail, mengkaji penerima, dan menggunakan DNS untuk menentukan di mana perlu send pesan. 

Penting untuk diingat bahwa mail server Anda mengirim pesan awal Anda untuk tidak tahu apa-apa tentang penerima. Ini hanya tahu cara mencari alamat IP untuk server mail yang tidak tahu siapa penerima Anda dan mengirimkannya ke sana. 

Setelah mail server Anda tahu server lain apa yang harus mengirim pesan ke, itu akan membuka koneksi ke server email dan memberikan pesan. Anda dapat melihat bagaimana hal ini dilakukan pada gambar di bawah. 

Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya, pengertian email dan fungsinya,  pengertian email dan manfaatnya,  pengertian newsgroup,  pengertian email client
Ketika server penerima e-mail menerima pesan e-mail Anda, menyimpan pesan dalam kotak surat penerima yang terletak di server. Waktu berikutnya penerima memeriksa e-mail mereka, klien email mereka akan terhubung ke server surat masuk mereka dikonfigurasi, atau dikenal sebagai server POP3. 

Jika ada email menunggu untuk Anda, klien email Anda akan meminta pesan ini dari server POP3 dan mulai men-download ke komputer Anda. Seperti setiap pesan di-download, klien email Anda akan mengkonversi pesan dari teks kembali ke format aslinya. pesan e-mail ini sekarang akan terlihat bagi Anda untuk membaca di folder Inbox Anda dari perangkat lunak email Anda.

Penting untuk dicatat bahwa ketika Anda men-download pesan dari server POP3, dan tidak menentukan untuk meninggalkan mail pada server di pengaturan akun email Anda, maka pesan akan di-download ke komputer Anda dan kemudian dihapus dari server POP3.

Baca juga : Jenis Jenis Email

Oleh karena itu satu-satunya salinan pesan ini akan berada di komputer Anda, jadi pastikan Anda tidak membutuhkannya sebelum Anda menghapusnya karena tidak ada salinan lain di tempat lain. Sebuah contoh bagaimana POP3 karya dapat dilihat pada gambar di bawah.

Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya, pengertian email dan fungsinya,  pengertian email dan manfaatnya,  pengertian newsgroup,  pengertian email client

0 komentar