Pengertian Email dan Fungsinya

Pengertian Email dan Fungsinya - elektronik email (juga dikenal sebagai email atau e-mail) adalah salah satu layanan yang paling umum digunakan di Internet, memungkinkan orang untuk mengirim pesan ke satu atau lebih penerima. Email diciptakan oleh Ray Tomlinson pada tahun 1972.

Cara Kerja Email
Cara kerja email hampir sama dengan surat biasa pada umumnya,  ketika kita ingin mengirim email maka surat harus terlebih dahulu dikirim ke kantor POS, dan disana lah surat-surat yang masuk akan dikumpulkan dan dipisahkan menurut tempat tujuannya. begitu juga dengan email, ada dua protokol yang bertugas mengatur lalu lintas email.

Protokol tersebut adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), yang bisa ibaratkan sebagai kantor pos, dan berfungsi untuk mendistribusikan pesan-pesan yang  dikirim ke alamat email tujuan. Sedangkan protokol kedua adalah POP3 yang merupakan singkatan dari Post Office Protocol version 3, yang bertugas menangani pesan-pesan elektronik yang masuk ke kotak pos Anda.

pengertian email dan fungsinya


Bagian atau Bidang Email
Berikut adalah arti dari bidang email untuk diisi ketika Anda mengirim email:
a. Dari /From: ini adalah alamat email Anda; dan sebetulnya anda tidak perlu mengisi ini, karena akan diisi secara otomatis oleh layanan email yang kita gunakan.
b. Untuk/To: Bidang ini digunakan untuk alamat email penerima.
c. Subjek: ini adalah judul yang akan terlihat pada bagian atas oleh si penerima ketika ia akan membaca pesan.
d. Cc (carbon copy): CC adalah singkatan dari “Carbon Copy” atau sering disebut dengan “Tembusan”. Nah jika anda memasukkan alamat email lain di kolom CC maka email akan terkirim ke penerima utama (To) dan juga di kolom CC. Perbedaan CC dan BCC, jika CC maka si penerima email akan tahu ke siapa saja email tersebut di kirimkan.

e. BCC adalah singkatan dari “Blank Carbon Copy“. mempunyai fungsi untuk mengirim email ke banyak tujuan. Perbedaan BCC dan CC adalah penerima email yang alamat emailnya di masukan di kolom BCC tidak akan tahu email tersebut di kirimkan kepada siapa saja.

Fungsi Email lainnya adalah:
File terlampir, Lampiran: Sebuah file dapat dilampirkan ke email dengan menentukan lokasi pada hard drive.
Signature: Jika klien email memungkinkan, Anda  dapat mengatur tanda tangan, seperti beberapa baris teks yang akan ditambahkan ke akhir dokumen
 Baca juga Jenis Email
Diagram skematik MTA-MDA-MUA
Untuk menggunakan analogi dunia nyata, MTA bertindak sebagai kantor pos (daerah dan surat pembawa menyortir, yang menangani transportasi pesan), sementara MDAs bertindak sebagai kotak surat, yang menyimpan pesan (sebanyak volume mereka akan memungkinkan) sampai penerima cek box.

Untuk menjaga semua orang dari memeriksa email pengguna lain ', MDA dilindungi oleh nama user bernama login dan oleh password.

Mengambil email dilakukan dengan menggunakan program software yang disebut MUA (Mail User Agent).

Ketika MUA adalah program yang diinstal pada sistem pengguna, hal itu disebut klien email (seperti Mozilla Thunderbird, Microsoft Outlook, Eudora Mail, IncrediMail atau Lotus Notes).

Ketika itu adalah antarmuka web yang digunakan untuk berinteraksi dengan server surat masuk, itu disebut webmail.

0 komentar