Pengertian Cloud Computing dan Cloud Storage

Pengertian Cloud Computing dan Cloud Storage - Anda mungkin pernah mendengar orang yang menggunakan istilah seperti cloud, cloud computing, atau cloud storage. Tapi apa sebenarnya arti cloud itu? Pada dasarnya, cloud adalah internet khusus, semua hal itu dapat Anda akses dari jarak jauh melalui Internet. Ketika sesuatu ada di cloud, itu berarti disimpan di server di internet bukan pada komputer Anda. Ini memungkinkan Anda mengakses kalender, email, file, dan lebih dari komputer manapun yang memiliki koneksi internet.

Pengertian Cloud Computing dan Cloud Storage

Jika Anda pernah menggunakan email berbasis web, Anda telah menggunakan cloud. Semua email yang ada di inbox Anda disimpan di server. Namun, ada banyak layanan lain yang menggunakan cloud dengan cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh: 

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda dengan mudah menyimpan dan berbagi file dengan orang lain, dan itu memungkinkan Anda mengakses file Anda dari perangkat mobile juga. 

Evernote memungkinkan Anda mengetik catatan, halaman web clip, mengambil foto, dan mengatur semua dari mereka dari komputer atau perangkat mobile. 

Mozy dan Carbonite dapat secara otomatis membuat cadangan data Anda dalam kasus komputer Anda hilang, dicuri, atau rusak. baca juga pengertian komputer dan fungsinya

Ada juga aplikasi yang dapat Anda gunakan di cloud sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa menginstalnya di komputer Anda. Aplikasi ini kadang-kadang disebut aplikasi web. aplikasi web termasuk hal-hal seperti Google Docs, yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen dan spreadsheet online; dan Runescape, yang merupakan game, Anda bisa bermain di browser Anda tanpa men-download apa-apa.

Mengapa Harus Menggunakan Cloud?
Ada banyak alasan untuk menggunakan cloud, tetapi alasan utama adalah kenyamanan dan keandalan. Menyimpan file ke cloud memastikan bahwa Anda akan dapat mengaksesnya dengan komputer yang memiliki koneksi internet, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang menggunakan CD-ROM atau USB flash drive. Cloud juga membuat lebih mudah untuk berbagi file dengan rekan kerja dan teman-teman.

Pengertian Cloud Computing

Dengan menggunakan cloud, Anda  tidak akan kehilangan data karena disimpan di server. Namun, seperti apa pun yang namanya online, selalu ada risiko bahwa seseorang mungkin mencoba untuk mendapatkan akses ke data pribadi Anda, jadi penting untuk memilih password yang kuat dan memperhatikan pengaturan privasi untuk layanan yang Anda gunakan.

Pengertian Aplikasi Web

Sebelumnya, kita berbicara tentang bagaimana aplikasi desktop memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas di komputer Anda. Namun, ada juga aplikasi-atau web apps yang berjalan di cloud dan tidak perlu diinstal di komputer Anda. Ini kadang-kadang disebut aplikasi cloud.

Contoh aplikasi web
Banyak situs yang paling populer di Internet sebenarnya adalah web apps. Anda mungkin bahkan menggunakan aplikasi web tanpa menyadarinya! Berikut adalah beberapa contoh: layanan email.

Pengertian Cloud Computing dan Cloud Storage

 Online: Layanan seperti Gmail dan Yahoo! Mail dijalankan dalam browser Anda dan dapat melakukan banyak hal yang sama program email seperti Microsoft Outlook, Setelah Anda mendaftar untuk layanan email online, Anda dapat mulai menggunakannya tanpa harus melakukan instalasi.

Facebook: Facebook memungkinkan Anda membuat profil online dan berinteraksi dengan teman-teman Anda. Profil dan percakapan yang terus berkembang, sehingga Facebook menggunakan teknologi aplikasi web di seluruh situs untuk menjaga informasi yang up to date. Ada juga game dan aplikasi web lainnya dapat Anda tambahkan ke profil Facebook Anda. 

Google Docs: Google Docs adalah sebuah office suite yang berjalan di browser Anda. Sama seperti Microsoft Office, Anda dapat menggunakannya untuk membuat dokumen, spreadsheet, presentasi, dan banyak lagi. dokumen Anda disimpan di cloud, yang membuatnya mudah untuk berbagi dengan orang lain.

0 komentar