Pengertian Aplikasi dan Contohnya

Pengertian Aplikasi dan Contohnya - Anda mungkin pernah mendengar orang lain berbicara tentang menggunakan aplikasi atau aplikasi. Tapi apa sebenarnya arti aplikasi? Pengertian aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Aplikasi untuk komputer desktop atau laptop kadang-kadang disebut aplikasi desktop dan aplikasi untuk perangkat mobile yang disebut aplikasi mobile.

App adalah istilah umum untuk aplikasi, terutama untuk aplikasi sederhana yang dapat didownload inexpensively dan gratis. Banyak aplikasi juga tersedia untuk perangkat mobile dan bahkan beberapa TV.

Jenis aplikasi desktop
Ada aplikasi desktop yang tak terhitung jumlahnya di luar sana, dan dibagi kebeberapa kategori. Sebagian memiliki fitur lengkap (seperti Microsoft Word), sementara yang lain hanya dapat melakukan satu atau dua hal (seperti gadget). Berikut adalah beberapa jenis aplikasi yang mungkin bisa anda gunakan di komputer desktop.

1. Pengolah kata: Pengolah kata memungkinkan Anda untuk menulis surat, desain brosur, dan menciptakan jenis lain dari dokumen. Pengolah kata yang paling terkenal adalah Microsoft Word. baca juga perangkat lunak pengolah kata

2. Keuangan pribadi: software keuangan pribadi, seperti Quicken, memungkinkan Anda untuk melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dan membuat anggaran dan tugas-tugas lainnya. Kebanyakan program keuangan pribadi secara otomatis dapat men-download informasi dari bank Anda sehingga Anda tidak perlu mengetik secara manual semua transaksi Anda.

3. Web browser: Sebuah web browser adalah alat yang Anda gunakan untuk mengakses Internet. Sebagian besar komputer hadir dengan web browser pra-instal, tetapi Anda juga dapat men-downloadnya sesuai dengan browser yang anda suka. Contoh Web browser adalah Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, dan Safari.


4. Games: Ada banyak permainan yang berbeda Anda dapat bermain di komputer Anda. Mulai dari permainan kartu seperti Solitaire untuk game action seperti Halo 2. Banyak game action membutuhkan banyak daya komputasi, sehingga game tidak dapat bekerja kecuali Anda memiliki komputer baru.

5. Pemutar media: Jika Anda ingin mendengarkan MP3 atau menonton film Anda men-download, Anda harus menggunakan media player. Windows Media Player dan iTunes populer pemutar media.

6. Gadget: Kadang-kadang disebut widget, ini adalah aplikasi sederhana Anda dapat menempatkan pada desktop Anda (atau Dashboard jika Anda menggunakan Mac). Ada berbagai jenis gadget, dan mereka termasuk kalender, kalkulator, peta, dan berita utama.

Menginstall Aplikasi
Sebelum digunakan, aplikasi biasanya harus diinstal terlebih dauli pada komputer Anda. Biasanya, instalasi yang sederhana adalah memasukkan disk instalasi dan mengikuti petunjuk di layar. Untuk perangkat lunak download dari Internet aplikasi menyertakan file readme (misalnya, readme.txt), yang mencakup petunjuk instalasi dan informasi lainnya.

Gunakan hati-hati saat men-download software karena bisa mengandung virus atau malware lainnya. Jika Anda memiliki program antivirus, Anda harus memindai perangkat lunak download sebelum menginstal itu. Untuk informasi lebih lanjut, belajar tentang Melindungi Komputer Anda dari Ancaman Internet  silahkan cari diblog ini.

File dan aplikasi

Setiap aplikasi pada komputer Anda memiliki kelompok jenis atau format file. Anda biasanya tidak perlu mencari tahu aplikasi yang pada akan membuka file Anda. Ketika Anda klik dua kali file, komputer kana secara otomatis menggunakan aplikasi yang benar untuk membukanya, asalkan aplikasi diinstal pada komputer Anda.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi yang benar diinstal, Anda mungkin tidak dapat membuka file. Namun, dalam beberapa kasus, Anda dapat membuka file dengan aplikasi web yang berjalan di browser Anda. Misalnya, jika Anda tidak memiliki Microsoft Word, Anda dapat membuka dokumen Word dengan Google Docs.

Akhiran Nama File
Jika Anda tidak yakin apa format file, Anda dapat melihat ekstensi pada akhir nama file (seperti .docx, .txt, atau .jpg). Pada beberapa komputer, ekstensi mungkin tersembunyi, dan Anda mungkin perlu melihat ikon untuk menentukan format file.

Aplikasi seluler
Komputer desktop dan laptop bukan satu-satunya perangkat yang dapat menjalankan aplikasi. Anda juga dapat men-download aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi seluler:

Flipboard: Flipboard memungkinkan Anda untuk membuat feed berita pribadi oleh topik memilih, penulis, dan publikasi yang Anda suka. Aplikasi ini akan melacak apa yang Anda suka dan memberikan konten yang menarik minat Anda. Anda bahkan dapat membuat majalah online Anda sendiri untuk pengguna lain Flipboard untuk membaca.

Wolfram | Alpha: Wolfram | Alpha pada dasarnya adalah ensiklopedia dicari raksasa untuk setiap jenis ilmu pengetahuan, bahasa, atau pertanyaan matematika yang mungkin Anda miliki. Anda dapat mengakses Wolfram | Alpha di Web atau download aplikasi untuk perangkat mobile Anda, dan perusahaan membuat aplikasi referensi khusus untuk mata pelajaran yang berbeda juga. Tapi 

Wolfram dasar | Alpha aplikasi akan memberikan Anda akses ke data jumlah terbesar dari mata pelajaran dari tablet atau ponsel. baca juga cara melihat spesifikasi laptop

TuneIn Radio: TuneIn Radio memungkinkan Anda untuk streaming radio talk, musik, dan podcast dari seluruh dunia. Hal ini dapat di-download di komputer Anda serta untuk ponsel atau tablet, sehingga Anda dapat mendengarkan kepentingan apa pun yang Anda di mana pun Anda memiliki akses internet.

1 komentar

Nabila Adilah said...

saya sedang belajar tentang ini juga, kalau saya sering mencari referensi belajar disini Ilmu Komputasi Matematika