Macam-macam Jaringan Komputer

Macam-macam Jaringan Komputer berbagai macam jaringan dibedakan berdasarkan ukurannya  (dalam hal jumlah mesin), kecepatan transfer data, dan jangkauannya.
Jaringan pribadi adalah jaringan milik satu organisasi.

Biasanya ada tiga kategori jaringan:

a. LAN (local area network)
b. MAN (jaringan area metropolitan)
c. WAN (wide area network)

Jaringan Komputer LAN
LAN adalah singkatan dari Local Area Network.
Jaringan komputer LAN adalah sekelompok komputer yang semua milik organisasi yang sama, dan yang terkait dalam wilayah geografis yang kecil menggunakan jaringan, dan sering teknologi yang sama (makhluk paling luas Ethernet ).

Sebuah jaringan area lokal adalah jaringan dalam bentuk yang paling sederhana. Kecepatan transfer data melalui jaringan area lokal dapat mencapai hingga 10 Mbps (seperti untuk Ethernet jaringan) dan 1 Gbps (seperti dengan FDDI atau Gigabit Ethernet ).
Sebuah jaringan area lokal dapat mencapai sebanyak 100, atau bahkan 1000, pengguna.

Dengan memperluas definisi dari LAN ke layanan yang diberikannya, dua mode operasi yang berbeda dapat didefinisikan:
Dalam " peer-to-peer " jaringan, di mana komunikasi dilakukan dari satu komputer ke komputer lain, tanpa komputer pusat, dan di mana setiap komputer memiliki peran yang sama. Dalam " client / server", di mana komputer pusat menyediakan layanan jaringan kepada pengguna. 
untuk lebih jelas, silahkan baca pengertian LAN dan Contohnya

Jaringan Komputer MAN
MAN (Metropolitan Area Networks) menghubungkan beberapa LAN geografis terdekat satu sama lain (di area seluas hingga beberapa lusin kilometer) dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, MAN memungkinkan dua node terpencil berkomunikasi seolah-olah mereka adalah bagian dari jaringan area lokal yang sama.

Sebuah MAN terbuat dari switch atau router yang terhubung satu sama lain dengan link kecepatan tinggi (biasanya kabel serat optik).

Jaringan Komputer WAN 
WAN atau (Wide Area Network atau jaringan diperpanjang) menghubungkan beberapa LAN satu sama lain melalui jarak geografis yang besar.

Kecepatan yang tersedia pada WAN bervariasi tergantung pada biaya koneksi (yang meningkat dengan jarak) dan mungkin rendah.

WAN beroperasi dengan menggunakan router, yang dapat "memilih" jalan yang paling tepat untuk data untuk mengambil untuk mencapai node jaringan.

Jaringan Komputer WMAN
Sebuah Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) juga dikenal sebagai Wireless Local Loop (WLL). WMANs didasarkan pada standar IEEE 802.16. wireless local loop dapat mencapai kecepatan transfer efektif 1 sampai 10 Mbps dalam jarak 4 sampai 10 kilometer, yang membuatnya berguna terutama untuk perusahaan telekomunikasi.

Jaringan area metropolitan nirkabel yang paling terkenal adalah WiMAX , yang dapat mencapai kecepatan di urutan 70 Mbps lebih radius beberapa kilometer.

1 komentar

Argayudha Website said...

artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER "

atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

trimakasih dari arga yudha adhiprama