Cara Meyimpan File (Data) di Google Drive

Cara Meyimpan File (Data) di Google Drive - Google Drive membuat anda lebih mudah untuk menyimpan file sekaligus mengakses file Anda secara online di cloud, dengan demikian, Anda dapat mengakses file dari komputer manapun selagi ada koneksi internet.

Untuk itu, pada postingan sekarnag ini saya akan melanjutkan dari artikel sebelumnya yang berjudul cara menggunakan google drive, maka kali ini kita akan sama-sama belajar cara menyimpan file atau data di google drive.

Google Drive memberikan 15 gigabyte (15GB) ruang penyimpanan gratis untuk meng-upload file dari komputer Anda dan menyimpannya di awan. Ada dua jenis utama dari file yang dapat menyimpan di Google Drive Anda:

a. File Anda dapat mengedit, seperti file Microsoft Office, PDF, dan file berbasis teks lainnya
b. File Anda tidak dapat mengedit, seperti musik, video, arsip terkompresi (file .zip), dan sebagian besar file lainnya

Setelah Anda meng-upload file-tidak peduli apa jenis file itu-Anda dapat mengelola, mengatur, berbagi, dan mengaksesnya dari mana saja. Dan karena file pada Google Drive disinkronkan di perangkat Anda, Anda akan selalu melihat versi terbaru dari file.

Anda juga dapat melihat berbagai jenis file yang berbeda, bahkan jika Anda tidak memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk file di komputer Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Drive untuk melihat file Photoshop, bahkan jika Photoshop tidak diinstal pada komputer Anda saat ini.

Mengkonversi file ke format Google Drive
Jika Anda meng-upload file dan berencana untuk mengedit secara online, Anda harus mengkonversikannya ke format Google Drive. Konversi memungkinkan Anda untuk mengedit file dan berkolaborasi dengan orang lain dengan mudah. Hanya jenis-seperti berkas tertentu file MS Office dan PDF dokumen-dapat dikonversi ke format Google Drive. Baca juga : Cara memperkecil ukuran file PDF

Sayangnya, konversi ini tidak selalu sempurna. Tergantung pada tingkat pemformatan digunakan dalam dokumen asli, dokumen dikonversi bisa berubah tampak sangat berbeda,

Cara Menyimpan file dan folder
Sangat mudah untuk meng-upload file dari komputer ke Google Drive. Jika Anda menggunakan Google Chrome web browser, Anda bahkan dapat meng-upload seluruh folder.
Untuk meng-upload file:

Dari Google Drive, cari dan pilih tombol New, kemudian pilih Upload file.
Cari dan pilih file (s) Anda ingin meng-upload, lalu klik Terbuka.

Cara Meyimpan File di Google Drive, Cara Meyimpan data di Google Drive


Cara meng-upload folder:
Catatan: Fitur ini hanya tersedia jika Anda mengakses Google Drive melalui Google Chrome. Tapi caranya sama seperti meng-upload file
a. Klik tombol New, kemudian pilih Upload Folder.
b. Cari dan pilih folder yang ingin Anda upload, lalu klik OK.
c. Folder dan file di dalamnya akan di-upload ke Google Drive Anda.

Cara Mengkonversi file ke format Google Docs
Ketika Anda meng-upload beberapa jenis file-file seperti Microsoft Office atau dokumen-kau PDF hanya dapat melihat file tersebut. Jika Anda ingin mengedit jenis file di Google Drive, Anda harus mengkonversikannya ke format Google Docs. Cara Membuat FIle PDF

Untuk mengkonversi file:
a. Cari dan klik dua kali file yang ingin Anda edit.
b. Sebuah preview dari file tersebut akan muncul. Pilih Buka di bagian atas layar.

Cara Meyimpan File di Google Drive, Cara Meyimpan data di Google Drive

c. File akan dikonversi ke dokumen Google dan muncul di tab baru.
Jika Anda kembali ke Google Drive, Anda akan melihat bahwa sekarang ada dua salinan dari file-file asli dan versi baru dalam format Google Docs.

Cara Meyimpan File di Google Drive, Cara Meyimpan data di Google Drive

Akhirnya,,,, Postingan ini saya cukupkan sampai disini,, terimakasih sudah berkunjung,,

0 komentar