Cara Menggunakan Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive - Google Drive memberi Anda akses ke suite, yaiut alat yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit berbagai file, termasuk dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Ada lima jenis file yang Anda dapat membuat di Google Drive:

Dokumen: Untuk menyusun surat, brosur, esai, dan file berbasis teks lainnya (mirip dengan dokumen Microsoft Word)
Spreadsheets: Untuk menyimpan dan mengatur informasi (mirip dengan buku kerja Microsoft Excel)
Presentasi: Untuk menciptakan slideshow (mirip dengan presentasi Microsoft PowerPoint)
Bentuk: Untuk mengumpulkan dan mengorganisasi data
Gambar: Untuk membuat grafik vektor sederhana atau diagram.

Jika anda belum mengetahui tentang pengertian dan manfaat google drive, silhakan kunjungi telebih dahulu link ini : pengertian dan manfaat google drive , supaya penjelasannya gak ngambang.

Cara Menggunakan Google Drive
Untuk menggunakan google drive, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempunyai akun google, dan saya anggap anda sudah punya. Setelah itu silahkan login menggunakan akun google anda.

Step pertama dalam menggunakan google drive kita akan belajar bagaimana cara membuat file di google drive.

Proses untuk membuat file baru adalah sama untuk semua jenis file.

Cara Membuat File Baru:
Pastikan anda sudah mempunyai alamat email. Jika belum, silahkan baca buat email
Dari Google Drive, cari dan pilih tombol New, kemudian pilih jenis file yang ingin Anda buat. Dalam contoh kita, kita akan pilih Google Docs untuk membuat dokumen baru.

Cara Menggunakan Google Drive

File baru Anda akan muncul di tab baru pada browser Anda. Cari dan pilih Untitled Document atau Dokumen tanpa judul di sudut kiri atas.


Cara Menggunakan Google Drive

Kotak dialog Rename akan muncul. Ketik nama untuk file Anda, kemudian klik OK.

Cara Menggunakan Google Drive

File Anda akan berganti nama. Anda dapat mengakses file kapan saja dari Google Drive Anda, di mana ia akan disimpan secara otomatis. Cukup klik dua kali untuk membuka file lagi.

Cara Menggunakan Google Drive


Jika Anda perhatikan bahwa tidak ada tombol Save untuk file. Hal ini karena Google Drive menggunakan autosave, yang secara otomatis dan langsung menyimpan file.

Cara Menggunakan Template di Google Drive
Hal yang paling menarik dan keren di google drive adalah disediakannya tempalate, Template adalah file pradesain yang dapat digunakan untuk dengan cepat membuat dokumen baru. Template sering termasuk format kustom dan desain, sehingga keduanya dapat menghemat banyak waktu dan usaha ketika memulai sebuah proyek baru. Kebanyakan template yang dirancang untuk membantu Anda membuat jenis file tertentu. Misalnya, Anda bisa menggunakan template untuk membuat resume atau newsletter. 

Anda dapat menemukan berbagai pilihan template di Google Drive Template Gallery . Sayangnya, saya merasa bahwa banyak dari template ini tidak dirancang dengan sangat baik, dan hal ini sering sulit untuk menemukan template tertentu dalam galeri. Untuk alasan ini, kami sarankan menggunakan template yang dibuat oleh Google, yang cenderung kualitas lebih tinggi dari template yang dikirimkan pengguna.

Untuk menggunakan template resmi Google:
Arahkan ke Template disampaikan oleh Google .
Beberapa template akan muncul. Anda kemudian dapat menelusuri template berdasarkan kategori atau menggunakan bar pencarian untuk menemukan sesuatu yang lebih spesifik.

Jika Anda telah menemukan template yang ingin Anda gunakan, klik Gunakan template ini. Anda juga dapat mengklik Preview untuk melihat terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Google Drive
Sebuah file baru akan dibuat dengan template yang dipilih. Anda kemudian dapat menyesuaikan file dengan informasi Anda sendiri.Yapp.. akhirnya file anda sudah jadi sekaligus lengkap dengan tempaltenya. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung.

0 komentar