Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs

Cara Membuat Formulir Dengan Google Docs - Google Docs, Google Spreadsheet & Google Slide yaitu software pengolah kata secara online, dan dibagikan secara cuma-cuma oleh penguasa internet Google, Google dosc masih sepaket dgn Google Drive yg mengizinkan kita buat mebuat & mengedit dokumen secara online waktu berkolaborasi dgn teman kita dengan cara real-time.

Sekarang Ini ini hampir orang memiliki email, dari kalangan Anak sekolahan hingga para pekerja kantoran. tak mampu dipungkiri bahwa email ialah salah satu alat yang paling aman dan enteng buat saling bertukar file data atau yg lain. Pasti ga ada salahnya jikalau kita memaksimalkan fasilitas yang sudah ada tersebut salah satunya adalah GOOGLE DOC. Google doc. ialah salah satu alat dari gmail.com.

Kali ini saya memperkenalkan salah satu fasilitas dari google doc tersebut ialah GOOGLE FORM. google form ini memiliki banyak fungsi antara lain :

a. Utk membuat formulir pendaftaran.
b. Buat menciptakan list ceklis.
c. Menciptakan daftar-daftar lain yang caranya bersama meminta seseorang untuk mengisi list pertanyaan yang telah kita tuliskan.

Form yang telah ditulis nantinya bisa kita bagikan, sehingga dapat ada beberapa orang yang setuju dan megisi pertanyaan yang kita ajukan, terkecuali bisa dibagikan, tetapi formulir ini pun bisa cepat dikirimkan melalui email.

Disaat sudah ada yang isi form yang telah kita buat, selanjutnya data harus dikirim kembali, sehingga kita dapat mendapatkan data jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan dan selanjutnya bisa kita gunakan sbg acuan untuk aktivitas yang diselenggarakan. Singkatnya, Google Form ialah media yg mengizinkan menghimpun informasi dari pengguna lewat survey pribadi atau kuis.

Berikut langkah-langkah membuat form melalui Google docs

1. Pastikan computer Kamu telah terkoneksi bersama Internet,
2. Masuk ke google drive memakai alamat email kamu. jikalau belum punyai silakan baca buat akun gmail.  janganlah lupa masukan email & password nya juga.

3. Kemudian akan tampil page seperti gambar di bawah ini.
4. Memilih “Buat”, dulu pilihlah “Google Formulir”5. Setelah Itu akan muncul Kotak dialog baru dengan perintah “ Choose Title and Theme. Google Form sendiri memiliki sekian banyak tema menarik yang dapat kita gunakan sesuai dengan tema acara.

Atau kamu pun bisa mengakses langsung nya di https://docs.google.com/forms/ , Lalu klik tanda + berwarna merah utk menciptakan formulir.

6. Setelah Itu mulailah dgan menulis pertanyaan yang bisa diajukan dalam "Title Question" (Judul Pertanyaan) dan jangan lupa beri sedikit keterangan dalam “Help text” (Teks Pertolongan) berisi kata kata yang menunjang pembaca agar mengerti menyangkut pertanyaan yang kamu mengajukan.

7. Mengisi Question Tipe di pilihan “Multiple Choice” (Pilihan Ganda)

Ada pilihan Text untuk pertanyaan teks, Multiple Choice untuk pertanyaan dgn mengajukan sekian banyak pilihan utk pembaca , dan wujud – wujud lain serasi kemauan Kamu.

Baca juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

8. Bila sudah selesai, lalu klik Sent Form

9. Didalam pilihan required question mesti di ceklis biar pembaca mengisikan semua pertanyaan yang diajukan dan kalau tidak diisi, maka file tidak bakal dikirim kembali.
10. Maka dapat muncul kotak dialog seperti di bawah ini, & Kamu bakal diminta untuk menuliskan alamat email yang dituju, kemudian klik “Done”

Seterusnya akan muncul kotak dialog baru berupa perintah “ Choose response destination “ terdapat dua pilihan yakni “New spreadsheet” yanng telah di ceklis dan New sheet in existing spreadsheet.. abaiakan saja dan cepat klik “ Create”

Selamat Formulir pendaptaran bersama memanfaatkan google docs telah menjadi... selamat coba.....

0 komentar