Cara Install Sreencast O Matic

Cara Instal Screencast O Matic - Screencast O Matic adalah software berbasis Java yg memiliki kegunaan utk membuat screencasts pada system operasi, baik itu Windows, Mac, Linux. Screencast O Matic memberikan pelayanan software gratis yang memungkinkan sobat merekam semua penampakan dan gerakan monitor layar. Baik kegiatan kursor & klik indikator, tidak hanya itu mudah utk dipakai.
cara instal sreencast o matic

Software ini dapat sobat unduh (download) di web resminya adalah http://www.screencast-o-matic.com/ atau cepat merekam dgn cara online di halaman tersebut, dgn mengklik record dan mengikuti proses berikutnya yang diminta, built in kamera(webcam) mampu digunakan untuk mengmbil gambar operator computer yang merupakan pemain/presenter. namun sebelumnya sobat harus registrasi spt berikut :

1. klik "sign up" lalu isilah kotak form dgn alamat email. apabila sobat belum miliki email, silhakan baca cara membuat email gmail
2. Setelah memasuka alamat email, kemudian sign ke pelayanan email utk verifikasi.
3. nda bakal dialihkan kembali kesitus screencast o matic utk isi kata sandi.
4. Masukan Kata Sandi sebanyak dua kali
5. Create Account

Sekarang Ini sobat telah masuk dgn alamat email yg tadi diregistrasikan, buat mendownload screencast o matic mari klik "Download Install", ukuran file nya hanya 17,1 Mb. klik save file utk menyimpannya.

Software ini memiliki kemampuan untuk menyambung suatu file teks buat captioning & sharing video dengan para audiens. Video dapat disimpan dalam format MP4, AVI, FLV, & seterusnya diunggah (upload) ke Screencast O Matic, web space atau YouTube.

Sobat dapat menggunakan Screencasts O Matic buat merekam tugas dari guru yang memanfaatkan computer, presentasi produk, bercerita, dll.

Cara Instal Screencast O Matic
Sebelum sobat memanfaatkan Screencast O Matic, sobat mesti melaksanakan penginstallan aplikasinya pada Computer, netbook ataupun notebook dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Pilih Software installer Screencast O Matic, setelah itu klik 2 (dua) kali atau klik kanan seterusnya pilih Open.

2. Setelah menu pop-up instalasi (Welcome to the Screencast- o-matic setup wizard) muncul, memilih tombol Install untuk melanjutkan proses instalasi.


Cara Menggunakan Screencast O Matic
Setelah instalasi Screencast O Matic, software dapat langsung digunakan tanpa mesti registrasi Pilih tombol Use Free version buat ke tampilan awal Screencas O Matic seperti pada gambar di bawah ini:

Sebelum mengawali memakai Screencast O matic, alangkah baiknya sobat tahu kegunaan-kegunaa dari tombol yang sedia di sceencast o matic, berikut ialah penjelasan singkatnya.

1. Tombol Record Berfungsi utk mulai sejak merekam & membuat video.
2. Tombol Pause Berfungsi menghentikan perekaman sementara dan dapat melanjutkan merekam layar yang sedang berlangsung.
3. Tombol nada(sound) Berfungsi utk mengaktifkan MIC pada Screencast O Matik. Bila suara sudah masuk indikator suara akan bergerak maju mundur.
4. Tombol WebCam Berfungsi utk mengaktifkan webcam yang ada pada komputer/laptop.
5. Tombol Restart Berfungsi utk mengulang proses merekam layar seandainya merasa video yang direkam terhadap pada awal mulanya kurang memuaskan.
6. Tombol Close Berfungsi utk menutup aplikasi Screencast O Matic sebelum mulai sejak merekam layar.
7. Tombol Done Berfungsi utk menutup aplikasi Screencast O Matic setelah proses perekaman selesai.

Utk memulai proses perekaman layar lakukan langkah-langkah berikut :
1. Tekan atau klik tombol record setelah itu
2. tunggu sampai tulisan di layar bertuliskan Go. Upsss. Jangan Sampai panik apabila gambar dari webcam sobat tidak mucul dalam layar, lantaran dengan cara system gambar dari webcam akan disembunyikan.

3. Mulailah melakukan aktifitas dikomputer yang ingin direkam.
Utk menghentikan proses rekaman sementara tekan tombol Pause, sedangkan utk mengulang perekaman layar apabila dianggap belum sesuai pilih tombol Restart .
4. Setelah proses rekaman selesai pilih tombol Done,
5. Selanjutnya sobat dapat dihadapkan ke menu daya simpan file.
Untuk melihat hasil rekaman tekan tombol seperti yang ditunjukkan pada kotak merah di atas. Apabila sudah dirasa cukup simpan file sesuai dengan pilihan :

1. Publish to Screencast O Matic : menyimpan file di web Screencast O Matic, hasilnya dapat di lihat oleh beberapa orang yg terhubung internet.
2. Publish to Youtube : menyimpan file di server website Youtube, hasil rekaman mampu dipandang atau ditonton oleh seluruh pembeli Youtube.
3. Publish to Video file : menyimpan dii hardisk atau flashdisk sobat.

Apabila sobat pilih Publish to video file, sehingga dapat tampil kotak dialog juga sebagai berikut :
Simpan File (Publish To Video File) Tentukan type file dari video (Videotype) yang dapat disimpan (MP4, AVI, FLV dan GIF), disarankan memilih format MP4 buat hasil yang paling baik.
Memastikan ukuran dari file video (Size) yang ingin disimpan.

Ukuran file disesuaikan bersama kepentingan. Pilihan ukuran yang disediakan merupakan Fullsize, HDSize, dan Rescalewidth (sanggup memilih serta-merta ukuran yang di inginkan dalam pixel), disarankan memilih ukuran FullSize untuk hasil yang paling baik.

Berikan catatan seperlunya untuk hasil rekaman dgn memilih Notes dan Captions (optional) pada pilihan menu "Options" dapat pilih apabila mau menyimpan hasil rekaman dengan menghilangkan teks tambahan, gerakan mouse, nada dari mikrofon dan gambar dari web cam. & ini yaitu screencast webcam.

Posisi situs cam dapat dipindah ataupun diubah ukurannya dengan menekan gambar segitiga berwarna merah pada kotak web cam. Bila proses editing sudah selesai mari tekan tombol “Save Video” pada pojok kanan bawah dari jendela editing.

0 komentar