Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia - Internet adalah singkatan dari interconnected network atau jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, karena internet menghubungkan komputer-komputer yang ada diseluruh dunia dikumpulkan dalam sebuah jaringan komputer yang sangat besar.

Oleh karena itu komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan bisa berkomunikasi serta bertukar data dan informasi.
Pada awalnya, internet disebut ARPANET, karena hanya merupakan jaringan komputer yang kecil dan dapat menghubungkan beberapa komputer saja, dulu komputer yang terhubung yaitu dari Universitas of California at Los Angeles dan University of Utah di Amerika. Sejak saat itu internet dipergunakan di beberapa universitas yang ada di Amerika.
sejarah internet di indonesia lengkap  sejarah internet di indonesia hingga sekarang  sejarah internet di indonesia secara singkat
Tahun 1986 internet bisa digunakan oleh kalangan umum secara terbuka, dan sejak itu juga pengguna internet berkembang dengan sangat cepat dan pesat. jika kita bandingkan dengan alat-alat komunikasi lainnya internet lebih cepat perkembangannya.

Sekitar tahun 1989, perkembangan internet semakin besar. terbukti jumlah jaringan yang terhubung ke internet semakin hari semakin meningkat, bulan Januari jumlah jaringan yang tergabung ke internet adalah 80.000 orang. pada bulan Juli bertambah menjadi 130.000 di bulan November jumlah jaringan yang terhubung ke internet menjadi 160.000. Baca juga: Sejarah Perkembangan Komputer
Ada beberapa negara yang terhubung ke internet seperti Australia, Jerman, Israel, Italia ,Belanda, Meksiko, Inggris,Selandia Baru dan lain-lain. 

Pada tahun 1995 diperkirakan 25 juta jiwa telah menjadi pengguna setia internet. sebagaimana yang telah dilakukan oleh peneliti data menunjukkan bahwa tahun 1999 pengguna internet telah mencapai 196 juta orang, dan pada tahun 2003 jumlah internet menjadi 502 orang.

Menurut data yang dikeluarkan oleh internet World statistic, Bahwa saat ini pengguna internet sudah beranjak naik menjadi 1.076.203.987 Orang yang tersebar di belahan dunia.

Perkembangan Internet di Indonesia juga tidak kalah cepat. pada tahun 1995, 10.000 orang Indonesia telah menggunakan internet, pada tahun 1997 pengguna internet 10 kali lipat, dan pada tahun 2000 Menurut data dari survey bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 2.000.000 orang.

Tidak sampai disitu, jumlah tersebut akan terus meningkat pada tahun berikutnya, Menurut data yang dikeluarkan oleh asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia atau disingkat APJII, pengguna internet di Indonesia menginjak pada 2,4 juta orang.

Pada tahun berikutnya yaitu tahun 2004 Indonesia sudah mencapai dua kali lipat dari tahun 2001 yaitu 4,2 juta orang. Tahun 2005 jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun  sudah mencapai 18 juta orang ini atau 3,6 kali lebih besar dibandingkan yang diperkirakan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan internet terbanyak ke 15 di dunia. Sedangkan untuk benua Asia Indonesia menduduki 5 terbesar sebagai jumlah pengguna internet di bawah China Jepang India dan Korea Selatan.

0 komentar