Sejarah Komputer Generasi Pertama

Sejarah Komputer Generasi Pertama - komputer generasi pertama dibuat dengan karakteristik untuk melakukan sebuah pekerjaan tertentu yang spesifik, dan komputer generasi pertama sangat sulit untuk diprogram dan memiliki kecepatan yang lamban. karena komputer pada generasi pertama menggunakan tabung vakum dalam jumlah yang besar sehingga mengakibatkan ukuran komputer menjadi besar.

Komputer generasi pertama dilengkapi dengan silinder magnetik yang berfungsi untuk menyimpan data-data. selain ukurannya yang sangat besar, komputer generasi pertama juga membutuhkan sebuah daya yang sangat besar. Dalam kesempatan ini kita akan membahas sejarah perkembangan komputer generasi pertama

Pada tahun 1939-1945 bertepatan juga dengan perang dunia kedua. komputer dikembangkan untuk kebutuhan militer. pada tahun 1945, konrad zuse adalah seorang insinyur kebangsaan Jerman. Dia membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat tempur dan peluru kendali. dan sebelum itu zuse juga membangun sekaligus membuat kalkulator digital elektronik yang digunakan untuk telepon listrik.
makalah komputer generasi pertama  komputer generasi keempat  ciri ciri komputer generasi pertama
Inggris sebagai sekutu Jerman tidak mau ketinggalan, Inggris mengembangkan sebuah komputer untuk kebutuhan perang, pada tahun 1945, Inggris telah sukses membuat sebuah komputer yang khusus digunakan untuk memecahkan sebuah kode rahasia Jerman dengan sangat cepat dan efisien, komputer ini disebut dengan Colossus, dan keberadaan Colossus sangat dirahasiakan sampai satu dekade setelah perang berakhir. sejarah perkembangan komputer

Amerika, seorang insinyur Harvard bekerjasama dengan sebuah perusahaan IBM berhasil membuat kalkulator elektronik yang digunakan oleh angkatan laut Amerika us navy, kalkulator tersebut memiliki ukuran sekitar setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil yang dinamakan Harvard Mark I.

penemu komputer generasi pertama  nama komputer generasi pertama

Cara kerja Max I ialah menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik, kelebihan dari kalkulator tersebut adalah dapat melakukan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan-persamaan yang lebih kompleks.

selain kelebihan yang dimilikinya, ternyata kalkulator Mark I memiliki kekurangan yaitu operasi yang lambat (3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan urutan perhitungan tidak dapat diubah.

Pada tahun 1945 Amerika Serikat kerjasama dengan University telah sukses mengembangkan sebuah komputer yang bernama ENIAC komputer ini tujuan serbaguna.

contoh komputer generasi pertama  komputer generasi pertama sampai sekarang

Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert dan Jhon W. Mauchly, komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum 70.000 resistor dan ditambah juga dengan 5 juta titik solder, oleh karena itu komputer ENIAC membutuhkan daya sekitar 175 KW atau sekitar 450 kali lebih besar dari kebutuhan daya komputer saat ini, ENIAC menjadi mesin yang begitu besar namun mempunyai kelebihan yaitu 1000x lipat lebih cepat  dibandingkan dengan pendahulunya yaitu komputer Mark I

Pada pertengahan tahun 1940, seorang matematikawan Amerika John Von neumann kerjasama dengan sebuah tim dari University of Pennsylvania, mengembangkan komputer yang diharapkan masih dapat digunakan 40 tahun mendatang.

Dan konsep tersebut seterusnya digunakan oleh Von neumann untuk merancang sebuah komputer yang disebut dengan elektronik discrete variable automatic computer (Edvac) Kelebihannya yaitu dilengkpai dengan memori yang bisa mempung data, dan teknik ini mempubuat komputer berhenti sesaat sebelum melanjutkan pekerjaan kembali.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Internet
Sekitar tahun 1951 remington rand mengembangkan universal automatic computer singkat dengan UNIVAC I sekaligus menjadi komputer komersial pertama yang didesain oleh arsitek Von neumann, memiliki banyak kemajuan dibandingkan dengan komputer komputer sebelumnya.

contoh komputer generasi pertama  komputer generasi pertama sampai sekarang

Ukuran UNIVAC hanya 943 kaki kuadrat, namun tetap saja masih tidak bisa disimpan di dalam garasi mobil, beratnya mencapai 8 ton dibandingkan dengan ENIAC yang 30 ton, konsumsi daya berkisar sekitar 100 KW jelas ini lebih kecil dibandingkan dengan ENIAC mengkonsumsi daya sampai 175 KW Meskipun demikian tetap saja tidak efisien jika dibandingkan dengan komputer saat ini.

0 komentar