Macam-macam Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Macam-macam Jaringan Komputer dan Manfaatnya -Pada dasarnya, jaringan memiliki sekian banyak manfaat yang lebih di bandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern senantiasa mempunyai keunggulan kompetitif di bandingkan pesaing yang terbatas dalam bagian teknologi.


Manfaat Jaringan Komputer

a. Jaringan mengizinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Contohnya, tidak sedikit pengguna dapat saling sharing printer tunggal dengan kualitas tinggi, di bandingkan memanfaatkan printer kualitas rendah di masing- masing meja kerja. diluar itu, lisensi perangkat lunak jaringan akan lebih murah di bandingkan lisensi stand-alone terpisah buat jumlah pengguna sama. baca juga cara sharing printer


b. Jaringan menunjang mempertahankan info supaya konsisten andal dan up-to-date. System daya simpan data terpusat yang dikelola dengan baik mengizinkan banyak pengguna mengaskses data dari bermacam macam tempat yang berbeda, dan membatasi akses ke data selagi sedang diproses.


c. Jaringan menopang mempercepat proses sharing data (data berbagi). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat di bandingkan media sharing data yang lain yang bukan jaringan.


d. Jaringan mengizinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik yaitu substansi sebahagian besar system jaringan, di samping system penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, di mana semuanya meringankan team bekerja lebih produktif.


e. Jaringan menunjang bisnis dalam melayani klien mereka dengan cara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat mengijinkan karyawan mampu melayani klien di lapangan dan klien akan langsung berkomunikasi dengan pemasok.
Macam-macam Jaringan Komputer dan Manfaatnya
Macam-macam Jaringan Komputer dan Manfaatnya




Ada tiga jenis jaringan yang umum yang dipakai antara lain :

Jaringan WorkGroup, Jaringan Lan, Jaringan Wan


Jaringan Workgroup

Jaringan ini terdiri dari sekian banyak komputer yang dihubungkan dengan memakai Network Interface Card atau yang biasa dinamakan dengan Local Area Network Card, pun dengan memakai kabel BNC ataupun UTP. Seluruh komputer yang mengakses dapat membuka data dari unit komputer yang lain dan dapat juga melakukan print document terhadap printer yang membuka dengan unit pc yang lain.


Keuntungan Jaringan Workgroup
a. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).

b. Penggunaan printer akan dilakukan oleh seluruhnya unit komputer (Printer Share).
Baca juga: Cara Sharing Printer

c. Akses data dari/ke komputer lain dapat di batasi dengan tingkat sekuritas pada kata sandi yang diberikan.

d. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan memanfaatkan E-Mail dan Chat.

e. Jika salah satu komputer mengakses dengan modem, sehingga seluruhnya atau sebahagian satuan pc pada jaringan ini akan terhubung ke jaringan Internet atau mengirimkan fax lewat 1 modem. 

Jaringan LAN
LAN (Local Area Network) merupakan sebuah kumpulan computer, di mana terdapat sekian banyak satuan pc (client) dan 1 satuan computer utk bank data (server). Antara masing-masing client ataupun antara client dan server akan saling bertukar file ataupun saling memakai printer yang mengakses pada unit-unit computer yang mengakses pada jaringan LAN.

Berdasarkan kabel yang dipakai, ada dua cara membuat jaringan LAN, ialah dengan kabel BNC dan kabel UTP.


Keuntungan Jaringan LAN
a. Pertukaran file dapat dilakukan dengan gampang (File Berbagi).

b. Penggunaan printer dapat dilakukan oleh seluruhnya client (Printer Share).

c. File-file data akan disimpan kepada server, maka data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan maka keamanan data terjamin.

d. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol. Proses backup data jadi lebih gampang dan cepat.

e. Resiko kehilangan data oleh virus pc jadi sangat kecil sekali.

f. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan memakai E-Mail dan Chat.

d. apabila salah satu client/server membuka dengan modem, sehingga seluruhnya atau sebahagian komputer yang berada pada jaringan LAN akan terhubung ke jaringan Internet atau mengirimkan fax lewat 1 modem.


Baca juga: Perangkat Jaringan Komputer


Jaringan WAN

WAN (Wide Area Network) yaitu kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan memakai media komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, ataupun antar kantor cabang.
Dengan system jaringan ini, pertukaran data antar kantor akan dilakukan dengan langsung juga dengan anggaran yang relatif murah. System jaringan ini dapat memakai jaringan Internet yang telah ada, buat menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota maupun negeri.


Baca Juga : Sejarah Perkembangan Internet dari Awal sampai Sekarang


Keuntungan Jaringan WAN
a. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.

b. Komunikasi antar kantor dapat memakai E-Mail dan Chat.

c. Dokumen/File yang umumnya dikirimkan lewat fax maupun paket pos, akan dikirim lewat E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang bersama anggaran yang relatif murah dan dalam kurun waktu yang amat sangat cepat.

d. Pooling Data dan Updating Data antar kantor akan dilakukan tiap-tiap hri pada waktu yang ditentukan.

1 komentar

argayudha adhiprama said...

artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/04/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

trimakasih dari arga yudha adhiprama