Posisi Tubuh Yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Posisi tubuh yang benar ketika gunakan komputer - kita harus tahu bahwa posisi tubuh kita saat bekerja dengan komputer sangat berpengaruh pada kesehatan, dengan mengetahui posisi tubuh yang memenuhi syarat K3 kita dapat mengatur posisi komputer dan penunjang agar dapat memberikan rasa nyaman bagi kita.

Posisi leher dan kepala

Pada saat bekerja dengan komputer posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung ke layar monitor, leher tidak boleh membungkuk karena hal ini dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk mendapatkan posisi kepala dan leher yang baik kita harus mengatur posisi untuk mendapatkan posisi layar monitor yang sesuai posisi punggung yang tegak.

Posisi Punggung

Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak tidak miring ke kanan dan tidak miring ke kiri dan tidak juga atau bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik kita harus ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman, posisi punggung yang baik dan akan mencegah kita menderita sakit pada otot punggung dan pinggang.

Baca juga sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi

Posisi Pundak

Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu keatas dan tidak terlalu ke bawah. kita dapat mengetahui posisi kita sudah baik atau belum dengan merasakan sudah berada di dalam keadaan rileks atau tegang, bila otot-otot ini tegang berarti posisi kita belum benar,  Posisi pundak yang salah akan menyebabkan kita cepat lelah dan nyeri otot.
posisi tubuh yang benar saat menggunakan komputer

Posisi Lengan dan Siku

Lengan dan siku posisi lengan yang baik adalah apabila kita dapat mengetik dengan menggunakan Mouse dengan nyaman, masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Pada saat mengetik dengan menggunakan keyboar posisi tangan kita harus sedemikian rupa sehingga tangan kita bebas bergerak membentuk sudut 90 derajat.  pada saat mengetik kita tidak boleh meletakan tangan di atas meja karena mengurangi kebebasan untuk bergerak pada saat bekerja dengan komputer.

Posisi Kaki 

Dengan menyentuh lantai dan siku kaki yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat. Kita juga harus dapat menggerakkan kaki dengan menjulurkan kaki untuk memperlancar aliran darah dan mengurangi kelelahan Sekian dari saya mudah-mudahan dengan posisi tubuh kita yang benar saat menggunakan komputer kita akan nyaman dan saat mengerjakan tugas.

0 komentar