Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan basic input output system atau BIOS adalah 2 sistem dasar yang mengatur kerja komputer sistem ini berada pada lapisan bawah berada di lapisan paling bawah, namun sistem ini sangat dibutuhkan dalam komputer. dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang pengertian sistem operasi beserta jenis-jenisnya.

Biasanya sistem operasi sekali dikaitkan dengan semua software yang masuk ke dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi software terinstall, dalam ilmu komputer sistem operasi atau dalam bahasa Inggris operating system atau OS yang merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk manajemen dan kontrol perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem termasuk menjalankan sistem aplikasi seperti program-program pengolahan kata, dan browser web.

Dalam banyak kasus dari fungsi-fungsi standar dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Internet
pengertian sistem operasi komputer dan contohnya

Bagian-bagian Sistem Operasi

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. mekanisme  boot
 melakukan meletakkan Kernel kedalam memori 
2. Kernel sebuah inti dari sistem operasi.
3. command interpreter atau shell yang mempunyai tugas untuk membaca input dari pengguna.
4. Pustaka-pustaka  itu menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrolnya sistem operasi.

Seiring dengan perkembangannya semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum, dan Kini sebuah sistem operasi mungkin perlu menyediakan layanan Network dan koneksi internet yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum, sistem operasi juga perlu untuk menjaga gangguan program perusahaan yang berasal dari komputer lain seperti virus dan malware.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Keluarga besar dari sistem operasi sering digunakan oleh pengguna komputer saat ini 1. keluarga Microsoft Windows, sistem operasi yang termasuk antara lain window desktop environment versi 1.x hingga Versi 3.x Windows 9x Windows 95 98 window ME, dan Windows NT, Windows XP, Windows 2000 Windows 2003 Windows 7, Windows 8, dan yang terakhir Windows 10. baca juga cara aktivasi windows 7

2. Keluarga unix.  Sistem operasi yang termasuk keluarga unix adalah posix seperti unix keluarga BSD berkeley software distribution GNU atau Linux Mac OS berbasiskan BSD yang dimodifikasi yang dikenal dengan nama Darwin dan GNU.

Macam macam sistem operasi mobile

3. OST Mac OS sistem operasi yang digunakan untuk komputer Apple yang biasa disebut atau atau Batista stasiun sistem operasi yang terbaru adalah ekspresi 10,6 snow Leopard musim panas 2011 versi 10,7 Lion
 Mungkin itu saja dari saya mengenai pengertian sistem operasi, semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar