Pengertian Mesin Pencari atau Search Engine

Pengertian Mesin Pencari atau Search Engine - Internet merupakan gudang dari segala jenis informasi yang tiada batas, informasi disimpan di internet mulai dari berita artis, produk-produk baru, resep masakan berita politik sampai isu-isu Global, teknologi dan sains serta perkembangannya semua itu ada di internet.

Baca Juga : Sejarah Internet

Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak memberi keuntungan kepada kita. kita dapat mendapatkan informasi apa saja yang kita inginkan dan kita butuhkan. namun, Disamping itu beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan mencari informasi yang dibutuhkan. Salah salah, anda dapat pergi dari satu situs ke situs yang lain dan tidak mendapatkan apa-apa. Maka dibuatlah sebuah program yang dapat digunakan untuk membantu kita mencari informasi di internet program tersebut sebut dengan mesin pencari search engine.

Apakah yang dimaksud dengan mesin pencari? mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang dibuat semua itu yang terdapat di internet dan halaman-halaman web (baca pengertian web) yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut untuk memudahkan pencarian di database menggunakan indeks untuk memilah dan memilih informasi yang ada di database percepat pencarian.
pengertian mesin pencari
Pengertian Mesin Pencari atau Search Engine

Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang dimaksud dengan algoritma pencarian kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat bergantung kepada cara mengindeks dan algoritma pencarian yang digunakan. Informasi di internet setiap saat terus berubah dan bertambah, Oleh karena itu harus terus memperbaharui sebuah program yang berfungsi sebagai robot, dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu program tersebut disebut dengan Spider, bot atau crawler.

Baca juga: Pengertian Internet dan Intranet

Setiap selang waktu tertentu, program robot tersebut akan menjelajah internet membaca dokumen-dokumen yang ada di internet meringkaskannya dan menyimpannya di dalam database dengan menggunakan sistem pengindeksan ketika kita melakukan pencarian informasi di internet yang digunakan mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web yang dimilikinya kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen yang ada di database berdasarkan tingkat kesesuaian dengan kata kunci pencarian, kemudian mengirimkan hasil pencarian ke komputer anda yang diinginkan dengan hasil yang update.

Situs layanan mesin pencari mempunyai kelebihan masing-masing yang digunakan paling terkenal antara lain adalah Google Yahoo MSN altavista danan masih banyak lagi. Pengertian dari mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Google didirikan oleh Larry Page dan Universitas Stanford. Google merupakan mesin pencari yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian super cepat, Hal ini karena Google menggunakan perangkat keras komputer yang didukung perangkat lunak yang canggih. 

Google pencarian yang sangat efisien yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer mesin pencari jaringan komputer dan algoritma mesin pencari tersebut berhasil membangun sebuah mesin pencari yang sangat cepat sistem yang dapat mengatur hasil pencarian dari sekian banyak informasi yang ditemukan di internet mencari dan menemukan lebih dari satu juta di internet dalam hitungan detik menyimpan banyak halaman di cache yang dimilikinya, sehingga jika anda gagal menghubungi server halaman web yang bersangkutan secara temporal Anda dapat menampilkan halaman web yang terdapat di cache Google, namun kelemahannya halaman yang disimpan di cache Google tidak update. baca, bagaimana cara mempercepat koneksi internet?

Baca juga: Pengertian Modem dan Fungsinya

Selain dukungan fasilitas-fasilitas tersebut Google juga dilengkapi dengan layanan pencarian dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia dapat diakses dengan alamat url www.google.co.id pengaturan waktu juga memungkinkan pengaturan format file dokumen pencarian gambar dan lain sebagainya  Google penerjemahan Google Translate, peta penyimpanan foto dan masih banyak lagi akan dibahas sekarang saya tentang pengertian dari mesin pencari semoga bermanfaat sampai bertemu lagi dalam lain kesempatan salam

0 komentar